Home / Berita / Nasional / Sekolah Sehari Penuh, Ini Alasan Mendikbud!

Sekolah Sehari Penuh, Ini Alasan Mendikbud!

“Banyak waktu memberikan kesempatan guru mendidik anaknya menanamkan pada siswanya karakter yang ada dalam Nawacita itu” ungkap Mendikbud, Muhadjir Effendy.

Sekolah Sehari Penuh, Ini Alasan Mendikbud!

Seperti yang diketahui jika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy akan menerapkan sistem full day school (FDS) atau sekolah sehari penuh. Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini mengaku mendapatkan inspirasi menerapkan sistem baru itu dari sekolah swasta.

“Apa yang saya sampaikan juga sudah dipraktikkan oleh banyak sekolah, khususnya sekolah swasta. Justru saya banyak diilhami oleh banyaknya sekolah swasta yang menyelenggarakan full day school itu” ungkap Muhadjir, Senin (8/8/2016).

Bila sistem itu diterapkan para siswa nantinya akan pulang sekolah lebih sore, yakni pukul 17.00 WIB. Namun para siswa akan libur 2 hari pada Sabtu dan Minggu. Sekolah sehari penuh menurut Muhadjir, bisa menerjemahkan lebih lanjut dari program Nawacita.

“Pendidikan dasar SD dan SMP itu pendidikan karakter lebih banyak dibanding knowledge base-nya. Banyak waktu memberikan kesempatan guru mendidik anaknya menanamkan pada siswanya karakter yang ada dalam Nawacita itu”

“Nanti kompensasinya mungkin hari Sabtu kita bisa liburkan, sehingga waktu dengan orangtua dan kegiatan lainnya akan terkompensasi hari Sabtu-Minggunya” tambah Muhadjir Effendy.

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...