Home / Berita / Ibu Kota / Selain Anang Hermansyah, Eko Patrio Juga Dukung Hak Interpelasi DPR

Selain Anang Hermansyah, Eko Patrio Juga Dukung Hak Interpelasi DPR

Selain Anang Hermansyah, Eko Patrio Juga Dukung Hak Interpelasi DPR
Selain Anang Hermansyah, Eko Patrio Juga Dukung Hak Interpelasi DPR

Selain Anang Hermansyah, Eko Patrio Juga Dukung Hak Interpelasi DPR. Selain Anang Hermansyah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio) juga mendukung digunakannya hak interpelasi DPR terhadap Presiden Joko Widodo terkait kenaikan harga bahan bakar minyak.

Alhasil Eko Patrio pun ikut menandatangani draf interpelasi atas inisiatif pribadi. “Wajar, itu kan hak kita dalam meminta keterangan. Presiden juga enggak mesti datang, bisa diwakili menterinya karena ini bukan soal pemakzulan” ungkap Eko Patrio di Kompleks Gedung Parlemen Jakarta, Rabu (26/11/2014).

Eko menuturkan pemerintah harus menjelaskan alasan menaikkan harga BBM di tengah turunnya harga minyak mentah. Menurut Eko seharusnya ada cara lain yang digunakan pemerintah untuk mempertahankan subsidi BBM.

Selain itu kata Eko, DPR juga meminta pemerintah menjelaskan detail ke mana subsidi BBM itu dialihkan. Ia khawatir pengalihan subsidi BBM itu tidak tepat sasaran tanpa adanya pengawasan dari DPR. Eko juga mengkritik kebijakan Presiden Jokowi yang menaikkan harga BBM sepulangnya dari luar negeri.

Selain itu Jokowi menaikkan BBM sebelum program unggulannya seperti Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar, berjalan optimal. Ia berharap penggunaan hak interpelasi ini tak dijadikan polemik karena tujuannya baik untuk menjaga fungsi pengawasan lembaga legislatif.

Ini keputusan individu. Baru pulang dari luar negeri saja Pak Jokowi sudah naikkan harga BBM, gimana kalau pulang dari luar angkasa?” tambahnya, seperti yang dilansir Kompas.

Untuk diketahui penggalangan dukungan digunakannya hak interpelasi sudah mulai bergulir di DPR. Sedikitnya ada 200 anggota DPR yang mendukung digunakannya hak tersebut demi mendapat penjelasan dari Presiden Jokowi terkait alasan menaikkan harga BBM.

Baca Juga

Ada Demo 4 November, Ini Reaksi Ahok

“Saya kira setiap institusi negara punya tanggung jawab masing-masing” kata Ahok. Menurut rencana ribuan massa ...