Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Selamat… 4 Pelajar Indonesia ukir Prestasi jadi Juara Olimpiade Biologi Internasional

Selamat… 4 Pelajar Indonesia ukir Prestasi jadi Juara Olimpiade Biologi Internasional

ibo 2015

Lagi-lagi, pelajar Indonesia membuat prestasi di kancah internasional. Sehingga nama Indonesia kembali harum di mata dunia. Adalah 4 siswa yang tergabung dalam Tim Olimpiade Biologi Indonesia yang berhasil membawa emas, perak dan perunggu dari kompetisi International Biology Olympiad (IBO) di Aarhus, Denmark, 12-19 Juli lalu.

Keempat pelajar tersebut Maria Patricia Inggriani (SMA Kharisma Bangsa) peraih medali emas, Valdi Ven Japranata (SMA Kristen IPEKA Sunter) peraih medali perak, Hana Fauzyyah Hanidin (SMA Semesta Semarang) peraih medali perak dan Nagita Gianty Annisa (MAN Insan Cendekia) peraih medali perunggu.

Dengan mengukir prestasi yang berhasil ditorehnya itu pun, pada Senin (20/7) sore, rombongan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyambut keempatnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Tidak hanya kementerian, keluarga juga sahabat dengan riang menyambut para juara.

Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik Kemendikbud Suharlan menyematkan kalung bunga kepada keempat siswa satu per satu. Senyum kebahagian terpancar jelas dari wajah mereka.

Kompetisi IBO sendiri adalah ajang lomba yang rutin diadakan setiap tahun. Di ajang tersebut, para siswa tersebut menjalani tes praktikum dan teori di bidang biologi. Ada sekitar empat topik yang harus mereka selesaikan dalam tes praktikum selama 90 menit yakni tentang Mikrobiologi dan Biologi Molekuler; Anatomi, Sistematik dan Evolusi Tumbuhan; Morfologi dan Fungsional Hewan serta Biokimia Tahun Ini.

Keempat perwakilan Indonesia itu tahun ini berkompetisi dengan 241 siswa dari 61 negara peserta IBO. Pemerintah pun akhirnya memberikan penghargaan, berupa beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bagi masing-masing peraih medali.

Khusus untuk peraih emas, Maria Patricia Inggriani, beasiswa ditanggung sampai dengan pendidikan doktoral (S3), sedangkan peraih medali perak, Valdi Ven Japranata dan Hana Fauzyyah Hanidin ditanggung sampai pendidikan pascasarjana (S2). Itu artinya Maria dan Hana melanjutkan ke Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), sedangkan Valdi dan Nagita melanjutkan ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...