Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Seperti Apa & Bagaimana, Gempa 7,8 SR Terjadi di Mentawai? Berikut Ini Penjelasan Lengkap dari BMKG

Seperti Apa & Bagaimana, Gempa 7,8 SR Terjadi di Mentawai? Berikut Ini Penjelasan Lengkap dari BMKG

gempa mentawai

 

Gempa berkekuatan 7,8 SR sempat mengguncang wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Seperti apa kejadiannya, berikut ini penjalasan lengkap Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) soal gempa itu.

“Gempa bumi besar berkekuatan 7.8 SR, terjadi di lepas pantai Barat Kepulauan Mentawai (Barat Daya Kepulauan Mentawai-Sumbar), tanggal 2 Maret 2016, pukul 19.49 WIB, lokasi 4.92°LS dan 94.39°BT dengan kedalaman 10 km, berpotensi tsunami di sebagian wilayah Indonesia,” demikian BMKG dalam situs resminya, Kamis (3/3).

Berdasarkan hasil analisis sumber gempa bumi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi itu memiliki mekanisme sumber berupa patahan geser.

Walau demikian berdasarkan pemodelan tsunami, gempa bumi tersebut dapat berpotensi menimbulkan ancaman tsunami kecil (tidak signifikan) di wilayah sekitar pusat gempa yaitu di Nias, Kepulauan Pagai, Tanah Bala, Simeulue, Bengkulu, Pesisir Selatan, Nias bagian timur, dan sekitarnya.

Hasil catatan observasi muka laut di Padang dan Cocos Island-Australia terekam kenaikan muka air laut masing-masing 5 cm dan 10 cm.

Oleh karena itu dapat disimpulkan kalau gempa bumi itu tidak menimbulkan tsunami signifikan dan BMKG telah mengakhiri peringatan dini tsunami pada jam 22.32 WIB untuk seluruh wilayah Indonesia.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...