Home / Berita / Nasional / Seperti Apa Ciri-ciri Beras Plastik dan Dampaknya Jika dikonsumsi

Seperti Apa Ciri-ciri Beras Plastik dan Dampaknya Jika dikonsumsi

beras plastik 3

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Namun apa jadinya jika ternyata beras tersebut terbuat dari bahan sintetis dan dikenal dengan nama Beras Plastik.

Kehebohan muncul ketika salah satu warga Bekasi membeli dan memperkirakan kalau berasnya itu adalah beras plastik. Lalu, sebagai masyarakat awam apalagi biasanya yang membeli beras kaum perempuan atau ibu rumah tangga, ciri-ciri seperti apakah kalau suatu beras dinyatakan sebagai beras plastik.

Untuk itu masyarakat dianjurkan harus lebih jeli saat memilih dan membeli beras. Sebab jika dilihat sekilas, beras asli dan beras palsu memiliki tampilan yang mirip namun jika diperhatikan dengan seksama maka keduanya sangat berbeda.

Salah seorang chef atau koki sebuah restoran menuturkan agar masyarakat terhindar dari membeli dan mengonsumsi beras plastic, maka harus diperhatikan dan dikenali beras plastik antara lain dari berbagai hal.

Untuk Bentuk, beras plastik memiliki bentuk yang lebih mulus dan bagus dibanding beras asli yang terkadang terlihat pecah-pecah dan gompal. Kemudian dari Warna, beras plastik memiliki warna yang lebih bening, hampir mirip dengan kaca.

Sementara beras asli umumnya memiliki warna putih susu. Nah, yang tak kalah pentingnya juga perbedaan ketika dimasak.

Biasanya beras asli akan menyerap air maka tekstur beras akan lembut dan jika dimasukan ke penanak nasi beras akan mengeras tapi tekstur kelembutannya masih ada. Sedangkan untuk beras plastik maka beras lembek dan semakin mengeras.

Selanjutnya, dari segi rasa pun antara beras plastik dan asli bisa ketahuan. Jika beras asli akan memiliki rasa manis karena glukosa karbohidrat dalam beras terurai sempurna.

Sementara beras plastik rasanya hambar dan tawar tidak memiliki rasa. Kemudian juga dari aroma, kalau beras plastik cenderung mengeluarkan bau sangit dan beraroma bahan kimia.

Untuk beras asli akan mengeluarkan aroma lebih wangi karena H2O di Sementara mengenai dampak dari beras plastik, maka jika dikonsumsi secara terus menerus, akan mengganggu kesehatan tubuh baik secara langsung atau jangka panjang.

Untuk jangka pendeknya, tergantung banyak atau tidaknya campuran dari beras plastik tersebut.

Contoh, beras plastik yang digunakan lebih banyak dibandingkan dengan beras asli maka badan akan menolak karena beras palsu termasuk benda asing. Akibatnya bisa menimbulkan reaksi muntah-muntah dan diare.

Bukan itu saja, beras plastik jika dikonsumsi dalam waktu panjang maka akan menimbulkan dampak jangka panjang bagi kesehatan seperti kanker.

Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering maka akan bersifat karsiogenik dimana akan memicu kanker.

Kanker lebih ke pencernaan, seperti kanker paru-paru dan hati. Di samping itu pula, karena kekurangan nutri dari nasi bisa menimbulkan kerusakan pada rambut.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...