Home / Bola / Serba-serbi Euro 2016; Ternyata…Pelatih Jerman Tak suka Format Piala Eropa 2016, Mengapa?

Serba-serbi Euro 2016; Ternyata…Pelatih Jerman Tak suka Format Piala Eropa 2016, Mengapa?

592.joachim-loew-

Pelatih timnas Jerman Joachim Loew buka suara berkomentar soal Piala Eropa yang diikuti 24 kontestan. Loew ternyata kurang sreg dengan format 24 tim dan lebih suka dengan 16 tim untuk putaran final. Disamping  jumlah yang ideal dan 16 tim akan menyajikan bigmatch sejak hari pertama kompetisi.

Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) menambah delapan negara peserta mulai Piala Eropa 2016, dari semula 16 menjadi 24 peserta. Penambahan ini menyebabkan harus digelar babak 16 besar. Akibatnya, sejumlah tim urutan ketiga kini bergabung dengan dua tim teratas dari setiap grup untuk babak 16 besar.

Padahal pada perhelatan sebelumnya yang diikuti 16 tim, hanya dua tim teratas grup yang lolos fase knock-out pertama atau babak 8 besar (perempat final).

“Jumlah 16 tim adalah ideal. Itu memungkinkan terciptanya pertandingan besar sejak hari pertama,” ujar Loew kepada wartawan.

Ditambahkan pula, ini adalah situasi yang berbeda dan kembali ke sistem lama jelas tidak mungkin. Jadi, kita harus menerima itu.

Dengan penambahan jumlah tim juga membuat sejumlah tim kecil atau negara-negara dengan tradisi prestasi sepak bola kurang kuat seperti Islandia dan Albania, dapat mencicipi persaingan Piala Eropa.

Loew ternyata juga tak senang dengan aturan tim yang lolos babak 16. Menurut Loew, tim yang meraih satu poin dari dua pertandingan masih memiliki kesempatan untuk melaju ke babak 16 besar. Itu dinilainya sangat tidak adil.

“Tapi begitulah yang terjadi. Jadi, kami hanya harus menerimanya dan menggunakan waktu kita untuk mempersiapkan diri menghadapi semua lawan,” paparnya.

 

 

 

 

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...