Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Sering Stres Bisa Membuat Wanita Susah Hamil

Sering Stres Bisa Membuat Wanita Susah Hamil

wanita stres

Stres yang tidak terkontrol membuat pengaruh yang buruk bagi wanita yang bisa menghalangi mereka untuk segera hamil. Temuan baru menunjukkan, wanita yang berada dalam kondisi sering stres akan menurun peluangnya untuk hamil hampir 30 persennya dibanding mereka yang mampu mengelola stres. Demikian kabar yang dilansir dari Times of India.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Ohio State University Wexner Medical Center menemukan, wanita yang cenderung terbiasa stres memiliki jumlah alpha amilase sangat tinggi pada air liur yang menjadi indikator stres. Masalahnya, semakin tinggi kadar ini dikaitkan dengan masalah infertilitas. Courtney Denning Johnson – Lynch dan rekannya – yang meneliti masalah ini – mengungkapkan  bahwa wanita stres  29 persen lebih rendah untuk mengalami kehamilan.

Sementara itu, dengan menurunnya kemampuan untuk hampir yang hampir menyentuh angka 30 persen diartikan wanita yang sering stres dua kali lebih mungkin untuk memenuhi kriteria klinis infertilitas atau kemandulan. Pada wanita yang bisa mengelola stres memiliki protein enzim tersebut di tingkat yang lebih rendah.

Studi melibatkan 501 wanita 18 hingga 40 tahun yang ada di Amerika Serikat. Mereka diketahui tidak memiliki masalah dalam kesuburan dan baru saja mulai mencoba untuk hamil. Mereka dipantau selama 12 bulan atau sampai mereka hamil. Mereka menjadi bagian dari studi Longitudinal Investigation of Fertility and the Environment (LIFE). Sebagai alat uji digunakan sampel air liur untuk diteliti kandungan kehadiran alpha amilase dan kortisol di dalamnya.

Lynch, peneliti utama, mengatakan bahwa wanita yang mengalami stres tinggi memiliki alpha amilase sangat tinggi. Kandungan ini membuat peningkatan dua kali lipat untuk gagal segera hamil. Oleh sebab itu, Lynch menyarankan bagi wanita yang ingin hamil untuk lebih mampu mengelola stresnya dengan berbagai cara yang sesuai dengan masing-masing orang. Misalnya melakukan yoga, meditasi, atau berolahraga.

Namun perlu digarisbawahi, stres bukan satu-satunya indikator infertilitas. Masih banyak faktor yang bisa menyebabkan wanita susah hamil. Stres hanya satu di antara faktor-faktor yang memicunya. Sehingga, jika wanita sulit hamil, perlu dicari penyebabnya secara menyeluruh.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...