Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Setelah Baca Ini, Kamu Akan Tahu dari mana Emas Monas Berasal

Setelah Baca Ini, Kamu Akan Tahu dari mana Emas Monas Berasal

Kamu sudah tahu dari daerah mana emas Monas diambil?

Setelah Baca Ini, Kamu Akan Tahu dari mana Emas Monas Berasal

Banyak orang tahu Monumen Nasional atau yang disingkat Monas, namun tak banyak yang tahu dari mana pucuk emas di Monas berasal. Ternyata pucuk emas Monas berasal dari Lebong Tandai Kabupaten Napal Putih Bengkulu.

Pada era Presiden Soekarno, seorang pengusaha pribumi asal Aceh bernama Teuku Markam menyumbangkan emas tersebut sebagai bagian dari proyek pembangunan Monumen Nasional di tahun 1959. Desa Lebong Tandai pernah menjadi kawasan primadona di wilayah nusantara.

Jauh sebelum perusahaan tambang emas Freeport berkuasa, harumnya komoditas emas sudah tercium lebih dahulu dari wilayah Barat Indonesia itu. Pemerintah kolonial Belanda menyadari betul potensi alam ini, meskipun Lebong Tandai berada di pedalaman dan sulit mendapatkan akses.

Tak salah bila Lebong Tandai dijuluki sebagai Batavia Kecil karena posisinya yang amat penting dalam menunjang perekonomian pemerintah kolonial. Padahal awalnya wilayah ini termasuk di bawah kekuasaan Kerajaan Inggris, sebelum kedua negara melakukan pertukaran daerah koloni.

Sesudah tahun 1890an Inggris mendapatkan Singapura yang berada di wilayah semenanjung Malaya, sementara Belanda mendapatkan Sumatera bagian selatan termasuk Bengkulu. Bahkan sebelum Belanda datang, masyarakat sekitar mengenal Lebong Tandai sebagai Pulau Emas.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...