Home / Berita / Ibu Kota / Setelah Idul Adha, Bukit Duri Digusur!

Setelah Idul Adha, Bukit Duri Digusur!

“Katanya yang pasti kan abis Lebaran Haji, tapi tanggal belum jelas” ungkap salah seorang warga di Bukit Duri, Minggu (11/9/2016). 

setelah-idul-adha-bukit-duri-digusur

Seperti yang diketahui jika semua warga Bukit Duri sudah mengetahui jika permukiman mereka akan segera ditertibkan. Rencananya permukiman itu akan ditertibkan setelah hari raya Idul Adha. Namun salah satu warga yang diwawancarai Kompas, belum mengetahui secara detail kapan wilayahnya ditertibkan.

“Memang tinggal menghitung hari, kapan Bukit Duri digusurnya. Katanya yang pasti kan abis Lebaran Haji, tapi tanggal belum jelas” kata salah seorang warga, Rusdi (11/9/2016).

Meski demikian masih ada saja warga yang berat menerima direlokasi ke Rusunawa Rawa Bebek, Jakarta Timur. Rusdi mengatakan banyak warga yang lebih senang tinggal di Bukit Duri, karena merupakan tempat kelahiran mereka. Namun jika tidak pindah ke rusun, mereka tidak tahu harus pindah ke mana.

“Kalau bicara kenyataannya sekarang harus pindah, ya mau bagaimana. Kita kalau enggak ke rusun, ngontrak sendiri aja sudah berapa di Jakarta ini” tambahnya.

Warga yang lain, Ibnu Affad juga masih merasa kesal karena diharuskan pindah ke rusun. Bahkan dia menuding Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memecah belah warga Bukit Duri dengan cara menawarkan pindah ke rusun.

“Padahal kalau seluruh warga Bukit Duri bergabung, enggak jadi digusur ini” kata Ibnu.

Pemerintah Kota Jakarta Selatan melayangkan surat peringatan (SP) kedua kepada warga Bukit Duri Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2016). Rencananya kawasan tersebut akan ditertibkan setelah Idul Adha.  Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi mengatakan penertiban permukiman tidak akan menunggu sidang gugatan class action yang diajukan oleh sebagian warga.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...