Home / Tekno / Internet / Setengah Abad lalu, Video Call Sudah Ada

Setengah Abad lalu, Video Call Sudah Ada

Video Call

Aksi video call jadi media komunikasi pengguna yang ingin terhubung secara real-time tak hanya via teks atau voice saja. Lewat hadirnya visual yang diwakilkan video, serasa, dua pengguna saling berhadapan meski terpisah ruang dan waktu.

Di era sekarang video call hadir di sejumlah layanan macam, Skype, FaceTime, Hangout, dan lainnya. Butuhkan sejumlah perangkat guna alirkan data video dan voice, namun tidak disangka jika aktivitas video call sudah ada sejak 50 tahun yang lalu. Benarkah?

Komunikasi video call “jadul” pertama dilakukan pada 20 April 1964. Saat itu, video call menggunakan teknologi komunikasi yang dikembangkan oleh Bell Systems. Lantas, teknologi seperti apa yang dipakai?

Adalah sebuah perangkat yang bernama Bell Mod 1 PicturePhone. Tahun tersebut, perangkat itu mampu hadirkan teknologi video call dengan durasi sekitar 10 menit. Komunikasi multimedia itu kemudian dipamerkan di ajang World Fair di Meadow Park, New York, Amerika Serikat.

Teknologi Bell Mod 1 PicturePhone dilengkapi kamera dan monitor. Pengguna bisa melihat lawan bicara meski masih dalam kualitas gambar hitam putih. Gambar yang ditampilkan terpampang di layar berbentang ukuran 16 x 21 inch.

Video yang mengalir miliki kecepatan 30 frame per detik. Layanan ini berbayar dengan biaya USD 16 per tiga menit. Harga yang cukup mahal di tahun tersebut.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...