Home / Bola / Shakhtar Donetsk Usung Misi Balas Dendam Pada Sevilla!

Shakhtar Donetsk Usung Misi Balas Dendam Pada Sevilla!

Shakhtar 2-3 Sevilla

Shakhtar Donetsk dipastikan berjumpa dengan Sevilla dalam pertandingan semifinal Europa League 2016. Melihat hasil tersebut, kubu Shakhtar langsung teringat memori buruk pada 2007 lalu dimana mereka kalah dan tersingkir secara menyakitkan dari Sevilla yang pada akhirnya keluar sebagai juara.

Perjumpaan keduanya saat itu terjadi di babak 16 besar. Di pertandingan pertama, Shakhtar bisa menahan imbang Sevilla 2-2 di Ramon Sanchez Pizjuan. Sevilla unggul lebih dahulu lewat penalti Jose Marti namun Shakhtar membalasnya dengan dua gol Tomas Hubschman dan Francelino Matuzalem. Untungnya, Sevilla terhindar dari kekalahan berkat penalti Enzo Maresca di menit 88.

Shakhtar pun punya keuntungan besar di laga kedua di kandang sendiri. Gol Matuzalem memang bisa disamakan Maresca, namun Elano kembali membawa Shakhtar memimpin di menit 83. Disaat pertandingan tersisa beberapa detik lagi, Sevilla bisa menyamakan skor melalui aksi kiper Andres Palop yang ikut maju membantu serangan. Di perpanjangan waktu, Sevilla memastikan kemenangan via gol Javier Chevanton.

“Semua lawan akan sama sulitnya dan menjadi lebih sulit karena kami harus bermain di kandang sendiri pada pertemuan pertama. Sembilan tahun lalu, Sevilla lolos berkat keberuntungan besar dan inspirasi dari Palop. Kami seharusnya bisa lolos karena pertandingan hanya tersisa 10 detik saja,” kata pelatih Shakhtar, Mircea Lucescu.

“Tapi saya sudah tidak mau memikirkan pertandingan itu lagi karena tim Sevilla saat ini sudah tidak sama. Kami akan mencoba melakukan balas dendam meskipun akan sulit.”

Pada musim tersebut, Sevilla kemudian menjadi juara dengan mengalahkan Tottenham Hotspur di perempat final, Osasuna di semifinal, dan Espanyol di partai final lewat drama adu penalti. Saat itu kemenangan Sevilla turut ditentukan oleh Antonio Puerta, pemain yang tiga bulan setelahnya meninggal dunia karena mengalami kolaps di lapangan dalam pertandingan pembuka Liga Spanyol melawan Getafe.

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...