Home / Berita / Ibu Kota / Sholat ID di Istiqlal, Jamaah Bisa Parkir di Gereja Katedral

Sholat ID di Istiqlal, Jamaah Bisa Parkir di Gereja Katedral

“Kami sudah saling mengerti. Dengan Katedral sudah dekat sekali” ungkap Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah (Selasa, 5/7/2016).

Sholat ID di Istiqlal, Jamaah Bisa Parkir di Gereja Katedral

Rupanya kerjasama antara pengelola masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral terjalin sangat baik. Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan pihaknya bersama Gereja Katedral sudah saling mengerti dengan pelaksanaan hari besar masing-masing agama.

“Kami sudah saling mengerti. Jadi enggak perlu begitu (koordinasi lahan parkir). Tiap tahun termasuk pihak sana yang mengadakan acara, di sini pun langsung saja. Dengan Katedral sudah dekat sekali” ungkap Abu, Selasa (5/7/2016).

Senada dengan Abu, pihak keamanan Gereja Katedral Adhi Purwanto juga mengakui tidak ada yang baru terkait keterbukaan lokasi lahan parkir. Pihak Katedral maupun Istiqlal dari tahun ke tahun selalu toleransi. Parkiran di Gereja Katedral biasanya malah lebih banyak diisi pihak kepolisian dan keamanan.

“Kita enggak ada persiapan khusus, sifatnya juga kan back up. Tentunya Istiqlal malah yang persiapan. Kita malah koordinasi saja nanti dengan polisi. Memang setiap tahun begitu” ungkap Adhi, seperti yang dilansir Liputan6.

Adapun terkait pengamanan parkir jemaah salat Id, pihak gereja menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian yang bertugas. Pasalnya di hari biasa hanya ada 3 penjaga keamanan di gereja, itupun mereka hanya bekerja selama 8 jam.

“Pengamanan sepenuhnya dari polisi. Dari gereja ya seperti biasa 3 orang. Dari polisi belum tau ada berapa” pungkas Adhi.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...