Home / Berita / Nasional / Shutdown Amerika Tak Pengaruhi Ekspor Impor Indonesia

Shutdown Amerika Tak Pengaruhi Ekspor Impor Indonesia

Bongkar Muat Kapal
Bongkar Muat Kapal
Aktual Post – Menyoali penutupan sementara (shutdown) layanan pemerintah Amerika Serikat pada Selasa, 1 Oktober 2013, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai ekspor impor Indonesia tak terlalu terpengaruh.

Negara besar semacam Amerika tak akan mungkin mengalami kebuntuan. Pasalnya, kejadian tersebut bukan pertama kalinya. “Biasanya kejadian ini tak akan terlalu lama jadi tidak ada masalah,” ujar Ketua Kadin, Susilo Bambang Sulisto di kantornya, Rabu, 2 Oktober 2013 seperti dikutip dari Tempo.

Justru, kata dia, yang menarik dari kejadian ini adalah jadi tidaknya Presiden Barack Obama berkunjung ke Indonesia. “Kalau ternyata Obama jadi berkunjung itu bagus,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Chatib Basri pun sependapat dengan Kadin bahwa shutdown di Amerika tak terlalu berpengaruh terhadap pasar Indonesia. Sebab, kekhawatiran pasar Indonesia teredam oleh deflasi September dan surplus neraca perdagangan Agustus 2013.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...