Home / Berita / Regional / Siapa Yang Menang Kalau Susi Susanti & Alan Budikusuma Tanding Bulutangkis Lawan Robot?

Siapa Yang Menang Kalau Susi Susanti & Alan Budikusuma Tanding Bulutangkis Lawan Robot?

robotic3

Siapa yang tidak kenal dengan pasangan suami istri mantan pemain bulutangkis Indonesia, Alan Budikusuma dan Susi Susanti? Publik pastinya sudah mengenalnya.

Pasangan bulutangkis ini hadir dalam pembukaan kontes robot se Asia Pasifik di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kedua legenda badminton Tanah Air ini dipasangkan dengan robot dan berhadapan di lapangan. Ternyata pertandingan dimenangkan Susi bersama robot pasangannya.

Kedua legenda bulutangkis dunia namanya memang sudah tercatat sejarah berulang kali mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui raketnya.

Nah, pertandingan yang dilakukan keduanya menandai dibukanya ajang kompetisi robot bertema Robominton, yaitu kontes robot yang bermain badminton.

Kontes ini sendiri diikuti 19 tim dari 18 negara se Asia Pasifik. Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah mengirimkan dua tim yaitu tim ITB dan Politeknik Batam.

Kontes ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar Asia Pasific Broadcasting United (ABU). Kegiatan kali ini dibuka secara resmi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

“Pertandingan ini memang berbeda dengani badminton pada umumnya karena pemainnya robot, tapi ini sangat bagus untuk kreativitas teknologi pembuatan robot,” ungkap Rudiantara, Minggu (23/8).

Untuk itu, Menteri berharap kontes ABU Robocon menjadi pembelajaran bersama dalam teknologi, khususnya mengenai pembuatan robot.

Sementara terkait dengan Robominton, lapangan dan bola shuttlecock yang digunakan tetap standar internasional. Akan tetapi setiap pasangan robot peserta hanya perlu mencetak lima poin, berbeda dengan pertandingan badminton biasa yang harus mencapai skor 21.

 

 

 

 

 

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...