Home / Berita / Regional / Sidang Isbat Habiskan Dana Rp9 Miliar, Muhammadiyah Anggap sebagai Pemborosan

Sidang Isbat Habiskan Dana Rp9 Miliar, Muhammadiyah Anggap sebagai Pemborosan

Muhammadiyah Menolak Menghadiri Sidang Isbat
Sidang Isbat (ANTARAnews.com)

Aktual Post – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tidak menghadiri sidang isbat yang digelar oleh Kementrian Agama, kemarin (8/7) sore. Sebab pemerintah dalam menentukan awal Ramadan hanya menggunakan metode hilal atau melihat bulan dengan mata.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin di Jakarta, Senin (8/7), menegaskan bahwa pihaknya dipastikan tidak boleh mengikuti sidang isbat. Hal ini dikarenakan pihak ormas yang menentukan awal Ramadan dengan metode hisab atau perhitungan astronomi tidak akan dianggap oleh pemerintah.

Menurut dia, pengadaan sidang isbat hanya sebagai pemborosan. Pihaknya menilai, dana Rp9 miliar terbuang dan hanya menghasilkan keputusan sepihak. Kementrian Agama cukup mengumumkan tanpa harus melakukan sidang isbat.

Lagi-lagi, Din Syamsuddin berpendapat keputusan hasil sidang isbat pun tetap menggunakan metode hilal dan mematok 2 derajat untuk masuk ke dalam 1 Ramadan.

Oleh sebab itulah mengapa pihak Muhammadiyah tidak bisa hadir dalam sidang isbat. Terlebih mereka juga menyatakan tidak bisa mengakomodasi seluruh ormas yang menggunakan metode lain.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...