Home / Berita / Sidang Jessica; Ahli Kriminolog Hanya Bicara Sampai Motif, Tak Dapat Menjustifikasi Seseorang Itu Pelakunya

Sidang Jessica; Ahli Kriminolog Hanya Bicara Sampai Motif, Tak Dapat Menjustifikasi Seseorang Itu Pelakunya

sidang-jessica646

 

Ahli Kriminologi hanya dapat memberi latar belakang soal pelaku kejahatan. Tetapi, tidak dapat menjustifikasi seseorang adalah penjahat.

Ini merupakan jawaban Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI), Eva Achjani Zulfa, ketika menjawab pertanyaan Otto Hasibuan, kuasa hukum Jessica Kumala Wongso.

Otto bertanya soal kesaksian saksi ahli Ronny Nitibaskara yang menyebut Jessica berpotensi sebagai pembunuh.

“Mohon maaf saya tak bisa jawab. Tetapi, saya kira kriminologi hanya memberi suatu latar belakang, tetapi tak bisa menjadi dasar pembuktian. Kompetensi krimonolog tidak sampai kesitu,” demikian jawab Eva di persidangan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin (19/9).

Lebih lanjut dijelaskan, kriminologi hanya mempelajari mengenai faktor-faktor seseorang melakukan tindak kejahatan dan motif atau alasan seseorang berbuat. Namun, tidak dapat membuktikan.

“Kriminologi hanya berbicara sampai motif. Faktor-faktor apa yang menyebabkan melakukan perbuatan itu. Tetapi tak menjustifikasi dia yang melakukan. Kami hanya menggambarkan, tetapi tidak menjadi dasar bahwa dia yang melakukan perbuatan tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya, Otto menanyakan apakah kriminolog dapat membaca gesture.

“Kalau begitu kriminolog gak bisa baca gesture (kok saksi jaksa Ronny Nitibaskara) bisa?” demikian tanya Otto.

“Kita harus tahu motif apa seseorang melakukan perbuatan itu, adakah kesempatan dia melakukan itu, bagaimana. Kriminologi hanya sebatas itu, tidak sampai pembuktian, karena itu bukan ranahnya lagi,” jawab Eva.

 

 

 

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

[ad_1] Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta ...