Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Sidang Jessica; Ahli Pidana sebut : Dalam Pasal 340 KUHP tidak diharuskan Motif

Sidang Jessica; Ahli Pidana sebut : Dalam Pasal 340 KUHP tidak diharuskan Motif

jessica44568

 

Jessica Kumala Wongso, terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, didakwa melanggar Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana.

Tetapi, hingga di persidangan ke-24, belum terungkap motif atau alasan pelaku melakukan pembunuhan.

Menurut ahli hukum pidana dari Universitas Brawijaya, Masruchin Ruba’I yang memberikan kesaksiannya sebagai saksi ahli, mengungkapkan motif bukan merupakan sesuatu yang diharuskan di pasal 340 KUHP.

“Dalam Pasal 340 tidak diharuskan motif. Motif hanya salah satu unsur saja, dia hanya salah satu bahan,” ujar Masruchin, di persidangan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Kamis (22/9).

Lebih lanjut dikatakan, motif ada di niat pelaku melakukan kejahatan. Semua perbuatan berawal dari motif.

Oleh karena itu, motif perlu digali untuk menentukan kesengajaan. Jadi kalau tak ada motif tak akan ada niat.

“Dan kalau gak ada niat maka tidak ada kejahatan. Objektifnya di sini. Dan motif harus relavan dengan perbuatan, karena motif itu bisa tidak pasti,” paparnya.

Seperti diketahui kalau di persidangan sebelumnya, ada dugaan motif Jessica membunuh Mirna karena sakit hati setelah dinasehati agar memutuskan pacarnya yang bernama Patrick. Ini terjadi saat mereka berada di Australia.

Namun, menurut Masruchin, sakit hati atas ucapan itu dapat menjadi motif terpendam. Perlu dibuktikan bagaimana seseorang sakit hati.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

dukung-ahok-istri-haji-lulung-minta-cerai

Kalo Dukung Ahok, Istri Haji Lulung Minta Cerai

‘Pah kalau dukung Ahok kita bercerai saja deh” Kata Haji Lulung menirukan ucapan istrinya. Rupanya ...