Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Sidang Jessica; Pengacara Jessica Keberatan Ketika Ahli Hukum Sebut kalau CCTV Masuk Kategori Barang Bukti

Sidang Jessica; Pengacara Jessica Keberatan Ketika Ahli Hukum Sebut kalau CCTV Masuk Kategori Barang Bukti

sidang jessica

 

Pakar hukum pidana Prof Edward Omar Syarif Hiariej (Prof Eddy) menegaskan kalau rekaman CCTV masuk dalam kategori barang bukti meski tidak diatur dalam KUHAP. Prof Eddy menyampaikan hal tersebut saat menjadi saksi di sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihan dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso.

“Salah satu kelemahan KUHAP kita adalah memisahkan barang bukti dan alat bukti. Dalam konteks hukum modern itu tidak ada bedanya. Yang ingin ahli jelaskan, bahwa tidak ada yang namanya dia (CCTV) masuk ke dalam pasal 184 KUHAP,”jelas Prof Eddy dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Kamis (25/8).

Lebih lanjut Eddy mengungkapkan, kendati tak diatur dalam KUHAP, rekaman CCTV tetap bisa dijadikan kategori barang bukti. Dia mengatakan CCTV bisa masuk kategori barang bukti seiring dengan perkembangan zaman.

“Sama seperti teleconference, banyak yang bilang keterangan saksi di teleconference tidak sah karena sesuai KUHAP saksi harus diperdengarkan di pengadilan,” jelas Eddy.

Mendengar penjelasan tersebut, kuasa hukum Jessica, Otto Hasibuan mengaku keberatan. Ia menuturkan, Prof Eddy melenturkan pasal 184 KUHAP tentang alat bukti yang sah.

“Saya dengar tadi saudara bilang pasal-pasal dalam KUHAP tidak bisa dilenturkan, tapi di sini saudara melenturkan pasal KUHAP. Ini saudara tidak konsisten,” jelas Otto.
 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

dukung-ahok-istri-haji-lulung-minta-cerai

Kalo Dukung Ahok, Istri Haji Lulung Minta Cerai

‘Pah kalau dukung Ahok kita bercerai saja deh” Kata Haji Lulung menirukan ucapan istrinya. Rupanya ...