Home / Berita / Sidang Jessica; Saksi ahli dari Pihak Jessica bilang Kalau Toksikolog tak Berwenang Simpulkan sebab Kematian

Sidang Jessica; Saksi ahli dari Pihak Jessica bilang Kalau Toksikolog tak Berwenang Simpulkan sebab Kematian

jessica777

 

Ahli toksikologi kimia dari Universitas Indonesia, Dr. rer. nat. Budiawan, menyatakan bahwa toksikolog tidak berwenang memberikan kesimpulan soal penyebab kematian seseorang dalam sebuah kasus pembunuhan.

Ketika menjadi saksi ahli dalam sidang perkara kematian Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (14/9), dia menyatakan bahwa yang berhak menentukan penyebab kematian adalah dokter.

“Tidak, tidak punya otoritas. Kematian punya paramater sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut Budiawan menjelaskan, ahli racun atau toksikolog hanya boleh mendeteksi racun dan prosesnya, sementara efek kesehatan yang ditimbulkan setelahnya adalah wewenang tim medis atau kedokteran.

“Seorang (ahli) toksikologi kimia mendeteksi dari sebab racun, proses sampai pada batasan efek kesehatan, tapi tidak pada hal penyebab kematian yang tadi saya katakan,” imbuhnya.

Walau demikian, Budiawan mengungkapkan kalau ahli toksikologi bisa menelusuri pergerakan racun dalam tubuh manusia meskipun sudah berubah menjadi zat lain karena proses metabolisme.
 

Baca Juga

Waktu Start MotoGP Australia Dikeluhkan

Phillip Island – Sejak musim lalu, sebagian besar rider MotoGP menginginkan waktu start di MotoGP ...