Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Sidang MKD Berakhir, Sudirman Said Bilang Tujuannya Adalah Memuliakan Dewan

Sidang MKD Berakhir, Sudirman Said Bilang Tujuannya Adalah Memuliakan Dewan

sudirman

 

Rabu (2/12) malam akhirnya Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR menutup persidangan pengadu kasus dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR Setya Novanto, Menteri ESDM Sudirman Said.

“Saya bersyukur persidangan dilakukan terbuka. Saya bersyukur apa yang diketahui, yang diketahui dalam transkrip. Kalau dikutip baik-baik bisa menangkap apa yang saya maksud kan,” kata Sudirman di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (2/12).

Namun sebelum sidang ditutup, sempat terjadi perdebatan soal isi rekaman yang diputar. Anggota MKD dari Fraksi Nasdem Akbar Faisal mengatakan, sudah jelas Novanto dan Riza Chalid meminta saham pada bos Freeport, Maroef Sjamsuddin.

“Yang mana yang tidak jelas dalam ini. saya bicara gramatikal,” tutur Akbar.

Sedangkan anggota MKD Fraksi Gerindra Supratman mengingatkan Akbar bahwa dalam rekaman tidak membicarakan masalah pembagian saham melainkan divestasi.

Disamping itu, Anggota MKD dari Fraksi Golkar Ridwan Bae juga menilai tak ada sangkut paut isi rekaman dengan Setya Novanto.

“Tak ada satu pun bahasa Setya Novanto tidak ada bahasa terekam. Pak sudirman said harus bertangung jawab atas kasus ini. Bertata acara saja lemah. Dia harus bertanggung jawab secara dalam, dia harus menunjukkan satu fakta,” jelasnya.

Untuk menengahi perdebatan, Anggota MKD Prakosa menghimbau agar lebih baik semua anggota mendengar keterangan Sudirman Said usai diperdengarkan rekaman suara percakapan.

“Bahwa ini agendanya satu mendengar keterangan pengadu. jangan saling berdebat sendiri,” jelasnya.

Menjelang sidang diakhiri, Sudirman menuturkan sudah jelas ada dialog yang yang membicarakan tentang saham  Freeport di dalam rekaman.

Walau demikian, ia tak mau menjelaskan lebih lanjut maksud pembicaraan itu dan menyerahkan masalah itu kepada pihak yang melakukan pembicaraan yakni Maroef Sjamsuddin.

“Di situ jelas kali ada saut menyaut tentang saham. Tapi yang bisa menjelaskan maknanya pak Maroef. Saya hadir di sini ingin memuliakan dewan. Harusnya orang yang mengadu dimuliakan bukan disalahkan,” imbuhnya.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...