Home / Olahraga / Balap / Sirkuit Sachsenring Punya Tikungan Angker, tapi Valentino Rossi Beberkan kalau dirinya Lebih Takut Sirkuit Assen

Sirkuit Sachsenring Punya Tikungan Angker, tapi Valentino Rossi Beberkan kalau dirinya Lebih Takut Sirkuit Assen

046406300_1432012852-Valentino-Rossi

Tikungan air terjun (Waterfall) di Sirkuit Sachsenring, Jerman, ternyata jadi topik hangat jelang balapan seri kesembilan akhir pekan ini. Betapa tidak, kebanyakan pembalap menyebut kalau turn 11 merupakan tikungan yang sulit ditaklukan. Pasalnya ada banyak pembalap terjatuh selama menjalani sesi latihan di hari pertama, Jumat (15/6) kemarin sore WIB.

Pada sesi latihan pertama cuaca sejatinya kurang bersahabat. Pemakaian ban lembut membuat sejumlah pembalap sulit mengontrol keseimbangan motornya.

Sehingga tak pelak, ada lima pembalap terjatuh di tikungan 11 Sachsenring. Mereka adalah Scott Redding, Jorge Lorenzo, Stefan Bradl, Maverick Vinales, serta Tito Rabat tergelincir di tikungan tersebut.

Menurut sejumlah analisa, bagian ban kiri yang lebih banyak terpakai, sehingga membuat ban bagian kanan jadi dingin. Itulah yang dirasakan Valelntino Rossi.

Rossi menuturkan kalau ia terpaksa memakai ban bekas ketika lintasan mulai diguyur hujan pada sore hari (FP2). Sehingga joki Movistar Yamaha ini sulit melakukan akselerasi dan itu semakin diperburuk dengan kondisi ban depan yang kurang bekerja dengan baik.

“Semua pembalap Yamaha berjuang dengan bagian depan dan kami tidak memiliki perasaan yang baik pada bagian depan, terutama di sebelah kanan saat akan melakukan tikungan 11. Sehingga pada akhirnya, saya tidak mampu melakukan catatan waktu dengan baik. Jadi saya dalam posisi yang buruk,” papar Rossi seperti dikutip Crash, Sabtu (16/7).

“Turn 11 adalah titik yang sangat berbahaya, jadi saya lebih memilih menunggu dan berharap agar kondisi (cuaca) jauh lebih baik hari ini,” imbuhnya.

Ditambahkan pula, Sachsenring sangat menuntut fisik pembalap. Terlebih di bagian pertama di mana joki kuda besi hanya diberikan waktu 25 detik untuk menaklukan tikungan pertama di sebelah kiri. Total Sachsenring punya 10 tikungan ke kiri (left-hander) dan tiga ke kanan (right hander).

Walau demikian, Rossi tetap tak memperdulikan hal teknis tersebut. Menurutnya, Assen lebih sulit ditaklukan ketimbang Sachsenring.

 

 

 

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...