Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Situs Setkab Sempat Diretas, Seskab Meminta Kemenko Polhulkam Selidiki Pelaku

Situs Setkab Sempat Diretas, Seskab Meminta Kemenko Polhulkam Selidiki Pelaku

website setkab

Situs Sekretariat Kabinet yang beralamat di www.setkab.go.id ternyata diretas oleh orang tak dikenal pada Kamis (24/12) kemarin siang. Seskab Pramono Anung kemudian mengungkapkan pihaknya telah melakukan sejumlah langkah, termasuk melapor ke pihak berwajib.

“Di antaranya dengan meminta Kemenko Polhukam, Kepolisian RI yang membidangi cyber crime, dan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan kajian dan penyelidikan atas peristiwa peretasan tersebut,” kata Pramono dalam keterangan tertulis, Kamis malam (24/12) seperti dilansir sebuah media online.

Ketika diretas, situs itu memperlihatkan gambar terngkorak dan memperdengarkan musik disko. Hingga sore hari situs itu belum bisa diakses meski gambar tengkorak sudah tak tampak.

Saat diretas, situs tersebut memperlihatkan gambar terngkorak dan memperdengarkan musik disko. Hingga sore hari situs itu belum bisa diakses meski gambar tengkorak sudah tak tampak.

“Hasil analisis internal kami, peretasan diduga kuat dilakukan melalui Plugin CMS (Content Management System). Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut,” jelas Pramono.

Pasca itu kemudian dilakukan langkah untuk melindungi data-data yang tersimpan. Salah satunya yang utama adalah halaman administrator untuk mencegah kejadian serupa.

“Setelah ditempuh beberapa langkah tersebut, terutama langkah pertama dan kedua, data yang sebelumnya sempat hilang, sedikit demi sedikit dapat dipulihkan kembali. Sejak pukul 18.45 WIB, situs setkab.go.id telah beroperasi kembali seperti sedia kala,” ujar Pramono.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...