Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Tekno / Gadget / Smartphone Android Agar Tak Kena Virus, Ini Caranya

Smartphone Android Agar Tak Kena Virus, Ini Caranya

virus andorid

Dewasa ini salah satu yang ditakutkan adalah yang namanya malware. Sebab, itu sangat berbahaya dan makin beragam saja bentuknya. Malware ini sendiri pun makin pintar karena mampu menyerang berbagai perangkat mulai dari komputer hingga smartphone.

Sebenarnya hal ini bisa terjadi karena makin tergantungnya manusia dengan internet. Padahal, internet inilah yang jadi sarana penularan malware itu pada perangkat.

Nah, untuk mengatasinya bukan berarti para pengguna gadget harus menjauh dari internet. Tentu masih ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar perangkat aman dari gangguan malware dan sejenisnya.

Ini dia 5 teknik untuk jauhkan perangkat Android dari malware seperti yang dilansir oleh Cnet beberapa waktu lalu :
Pakai aplikasi dari tempat terpercaya
Saat ini banyak sekali aplikasi alternatif selain Google Play yang ditawarkan pada pengguna Android. Tetapi anda harus menyadari pula bahwa alternatif ini juga rawan menjadi sarang malware yang siap menghantui perangkat Anda.

Untuk itu ada baiknya pilih pasar aplikasi yang terjamin seperti Google Play, Samsung Apps, atau Amazon. Walau harganya sedikit mahal ketimbang yang ditawarkan di pasar lainnya, keamanan aplikasi di sini masih lebih terjamin.

Hindari aplikasi mencurigakan dan bajakan
Ketika pertama kali dilansir, tidak sedikit aplikasi BBM palsu yang juga ikut beredar di Google Play. Tentu hal ini menandakan bahwa pasar aplikasi terpercaya pun kadang bisa kebobolan oleh aplikasi yang bisa jadi berbahaya itu.

Untuk itu, disarankan selalu perhatikan aplikasi apa yang akan Anda pasang pada perangkat Android. Sebelumnya harus dibaca dulu reviewnya di internet kalau mau pasang.

Perbaiki pengaturan keamanan perangkat
Android mulai dari versi 2.2 ke atas adalah sasaran empuk bagi malware. Oleh sebab itu, Google coba menyiasati hal ini dengan menambahkan fitur keamanan yang terletak di setiap Android.

Untuk itu, ini caranya : coba buka Setting > Security dan kemudian centang Verify Apps. Dengan hal ini, Anda akan diingatkan oleh Android tiap kali ingin memasang sebuah aplikasi dalam perangkat.

Update Android
Banyak produsen smartphone yang sangat peduli dengan layanan purna jual pada penggunanya. Satu diantara kepedulian itu ditunjukkan dengan memberikan update software terbaru dalam setiap perangkat yang mereka jual.

Oleh karenanya, sebaiknya Anda update saja Android secara berkala dengan mengikuti arahan yang dikeluarkan produsen. Caranya yakni Setting > About phone > System updates.

Pasang antivirus
Nah, ini yang paling penting. Antivirus sebenarnya aplikasi yang memakan tempat dalam perangkat seperti Android. Tetapi demi alasan keamanan, ada baiknya sisihkan sedikit RAM dan memori internal Anda untuk aplikasi ini.

Anda bisa memilih aplikasi antivirus terbaik yang tersedia untuk Android. Untuk itu disarankan pilih saja yang anda suka dari pasar aplikasi terpercaya seperti Google Apps.

Below Article Banner Area

Baca Juga

pokemon Go77

Nintendo Peroleh Uang $100 Juta Dari Pokemon Go

Pokemon Go memang dibuat oleh Niantic. Tapi rupanya Nintendo memiliki 32% bagian dari The Pokemon ...