Home / Tekno / Gadget / SMS Terhapus, Ini Cara Mengembalikannya

SMS Terhapus, Ini Cara Mengembalikannya

SMS

Bagi mereka yang punya aktifitas tinggi, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Seiring kecanggihan dan banyaknya aplikasi yang ditawarkan, mungkin Short Message Service (SMS) kini sedikit ditinggalkan bagi penggunanya.

Namun terkadang, SMS juga diperlukan dikala aplikasi lainnya sedang gangguan.

Nah, bagi yang sering ber-SMS mungkin data-data pesan yang masuk begitu pentingnya. Tapi apa jadinya jika data pesan itu terhapus entah disengaja ataupun tidak. Yang ada mungkin menyesal sekaligus membuat panik.

Namun, jangan khawatir (dulu), sebab SMS penting itu mungkin masih bisa didapatkan kembali. Salah satu langkah yang dapat ditempuh dengan menggunakan software untuk me-recovery data.

Sejumlah software dapat diunduh secara gratis, beberapa lainnya berbayar, serta ada pilihan menggunakannya gratis selama masa percobaan atau trial.

Software recovery data ini antara lain Android Data Recovery, Coolmuster Android, dan SMS+Contacts Recovery. Instal software di PC, kemudian hubungkan smartphone dengan PC, dan operasikan software. Jangan lupa, anda juga perlu untuk mengaktifkan fitur USB Debugging yang berada di Developer Tools di Android.

Nah, iPhone, ada sejumlah cara lain yang bisa ditempuh, pertama yakni dengan mengecek iCloud. Apabila Anda pernah membuat back up data di iCloud, maka seharusnya SMS yang dicari masih tersimpan di sana. Selanjutnya masuklah ke akun iCloud, dan cek pada bagian Text Messages.

Disamping iCloud, iTunes juga dapat membantu dalam masalah ini jika fitur sinkronisasi otomatis dalam keadaan aktif. Hubungkan iPhone dengan PC dan bukalah iTunes. Klik pada opsi iPhone Anda, dan pilih Restore Backup.

 

 

 

Baca Juga

Xiaomi Rilis Mi VR Untuk Beberapa Perangkat

Xiaomi mencoba kembali terjun ke dunia VR (Virtual Reality) setelah sebelumnya merilis Mi VR Play. ...