Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ibu Kota / Soal Cuti Ahok di Pilkada, Jokowi Juga Bingung!

Soal Cuti Ahok di Pilkada, Jokowi Juga Bingung!

“Pak Jokowi bingung, siapa yang mau tanda tangan (APBD)” kata Ahok.

soal-cuti-ahok-di-pilkada-jokowi-juga-bingung

Di sela-sela peninjauan proyek MRT dan LRT pada Jumat 30 September 2016, rupanya ada pembicaraan singkat antara Presiden Joko Widodo dan Basuki T Purnama soal gugatan wajib cuti petahana yang dimohonkan Ahok di Mahkamah Konstitusi. Hal itu diungkapkan Ahok, kepada wartawan.

“Soal Pilgub enggak ngomong banyak. Beliau cuma singgung sedikit soal cuti” kata Ahok di Balai Kota, Jumat (30/9/2016).

Menurut Ahok, Jokowi bingung apabila cagub petahana diwajibkan cuti kampanye empat bulan saat menyusun APBD. Bila cuti, maka tak ada yang bisa menandatangani pengesahan APBD. Pendapat seperti ini juga pernah disampaikan oleh mantan hakim MK, Harjono yang dihadirkan Ahok di MK

“Secara logika Pak Jokowi bingung, siapa yang mau tanda tangan (APBD)” tambah Ahok.

Ahok menjelasakan sebelumnya tidak ada kewajiban yang mengharuskan petahana cuti kampanye dalam waktu lama. Sebagaimana diketahui, KPU Provinsi DKI menetapkan masa kampanye Pilgub DKI 2017 berlangsung dari 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.

“Kalau dilihat dari Pasal 79 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, sampai Perppu Nomor 1 Tahun 2014 (tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota), sampai Undang-undang Pilkada Nomor 8 Tahun 2015 (UU Pilkada yang lama), itu semua jelas” tegas Ahok.

Dia menjelaskan, Pasal 79 UU Pemda membolehkan petahana menyesuaikan cuti kampanye dengan tugas jabatannya. Dalam hal ini, Ahok bisa mengatur cutinya demi mengamankan pembahasan APBD. Namun di UU Pilkada yang baru yakni UU Nomor 10 Tahun 2016, muncul kewajiban bagi petahana untuk cuti di masa kampanye.

“Sampai di UU Nomor 10 Tahun 2016, enggak ada basa-basi soal a, b, dan c, langsung ditulis petahana wajib cuti. Ini bertentangan dengan semua Undang-undang itu” pungkas Ahok.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ahok-sindir-anies-baswedan-soal-kip

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...