Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Soal Deponering BW & Samad, Fadli Zon Bilang : Ini Mencederai Rasa Keadilan & Kepastian Hukum

Soal Deponering BW & Samad, Fadli Zon Bilang : Ini Mencederai Rasa Keadilan & Kepastian Hukum

-Fadli_Zon_2

Seperti diketahui kalau Jaksa Agung mengeluarkan Deponering atau mengesampingkan perkara‎ mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad (AS) dan Bambang Widjojanto‎ (BW). Ada yang menilai kalau hal itu sebagai bukti bahwa keputusan ini mengganggu rasa keadilan dan kepastian hukum.

“Pertimbangan kepastian dan penegakan hukum juga harus diperhatikan. Karenanya pemberian deponering harus dikaji betul, jangan jadi ‘jalan keluar yang dipaksakan’. Ini bahaya bagi sistem hukum dan mencederai rasa keadilan dan kepastian hukum,” ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Jumat (4/3).

Ditambahkan olehnya, bagi yang perkaranya dikesampingkan, secara implisit diduga bahwa pihak yang diperkarakan memang telah melakukan pelanggaran hukum dan telah melalui proses penyidikan di Kepolisian dengan barang bukti, serta sudah dilimpahkan ke kejaksaan, walaupun belum tentu bersalah.

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini memaparkan terkait dikesampingkannya perkara bukan karena kurang bukti atau landasan hukum tidak kuat, tetapi lebih pertimbangan demi kepentingan umum oleh Jaksa Agung.

“Dalam konteks AS dan BW, deponering akan jadi beban hukum dan beban moral bagi keduanya. Ini tidak bagus bagi keduanya dan tidak membuat mereka ‘bersih’ dari dugaan kesalahan. Sehingga deponering hanya akan menjadi catatan sejarah mereka,” jelas Fadli.

Lebih lanjut dikatakan, alasan ‘demi kepentingan umum’ deponering perkara AS dan BW yang digunakan Jaksa Agung karena keduanya memiliki komitmen kuat pada pemberantasan korupsi juga bukan merupakan landasan kuat.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...