Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Soal Gelar Pahlawan buat Gus Dur, Berikut Tanggapan dari Yenny Wahid

Soal Gelar Pahlawan buat Gus Dur, Berikut Tanggapan dari Yenny Wahid

yenny-wahid-_166

Adanya wacana pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid kembali mengemuka. Sahabat Gus Dur sudah mendorong pemerintah untuk memberikan gelar kehormatan itu.

Pemerintah pun kemudian merespons permintaan ini. Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pada peringatan Hari Pahlawan 10 November nanti, wacana ini akan direalisasikan.

Soal itu, Zannuba Arifah Chafsoh Rahman Wahid mengapresiasi rencana ini. Menurut anak kedua Gus Dur yang biasa disapa Yenny Wahid ini, hal yang paling penting adalah adanya klarifikasi sejarah atas sang bapak.

“Walaupun bagi kami, yang paling penting ajaran Gus Dur tetap dijangkau oleh masyarakat. Namun memang, dengan adanya gelar pahlawan itu kemudian akan mengklarifikasi beragam hal yang masih keliru persepsinya di masyarakat,” jelas Yenny di MMD Initiative di Jl. Dempo 3, Matraman Dalam, Jakarta Pusat, Selasa (22/6).

Ditambahkan oleh Yenny, salah satu hal yang dimaksudnya adalah narasi soal bagaimana Gus Dur mengakhiri jabatannya sebagai presiden keempat.

“Misalnya, salah satunya, Gus Dur diturunkan karena korupsi. Kan ada sebagian masyarakat yang belum paham. Bahwa bukan seperti itu kejadiannya,” papar Yenny.

“Gus Dur diturunkan karena DPR pada saat itu tidak setuju presiden mengajukan calon Kapolri. Nah, DPR dan MPR, Pak Amien Rais mengatakan, ini harusnya konsultasi dulu ke DPR. Nah kemudian dikeluarkanlah keputusan untuk melaksanakan sidang istimewa untuk meng-impeach Gus Dur,” terangnya.

Yenny menganggap, adanya klarifikasi sejarah akan membuat masyarakat memahami sosok Gus Dur secara utuh. Sebab, generasi mendatang akan terus membaca sejarah.
 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...