Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ibu Kota / Soal Kalijodo, Ahok Tantang Komnas HAM!

Soal Kalijodo, Ahok Tantang Komnas HAM!

“Komnas HAM jangan asal ngomong” kata Ahok, Jumat (26/8/2016).

Soal Kalijodo, Ini Ahok Tantang Komnas HAM

Seperti yang diketahui jika Komnas HAM mengungkap permasalahan yang dialami warga korban penertiban kawasan Kalijodo Jakarta. Mereka menyebut ada 14 kepala keluarga mantan penduduk Kalijodo yang keluar dari Rusun Marunda gara-gara tak mampu membayar retribusi.

Merespon hal itu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, menantang Komnas HAM untuk menghadirkan 14 kepala keluarga yang tak mampu membayar retribusi rusun sebesar Rp 300 ribu per bulan itu. Hal itu disampaikan Ahok ketika menjawab pertanyaan wartawan di Balai Kota.

“Panggil 14 orang itu siapa. Makanya saya bilang, Komnas HAM jangan asal ngomong. Panggil 14 orang (KK) itu siapa” kata Ahok di Balai Kota, Jumat (26/8/2016).

Ahok membandingkan biaya retribusi rusun itu dengan biaya sewa rumah di bantaran sungai yang dia sebut sebesar Rp 450 ribu per bulan. Tentu biaya retribusi rusun lebih murah, ditambah lagi fasilitas berupa bus gratis hingga layanan jaminan sosial melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP).

“Makanya itu tipe yang mana? Kalau kamu enggak kuat bayar rusun-pun, kamu enggak kerja sama sekali, maka saya masukkin ke panti” tegas Ahok.

Biaya retribusi Rp 300 ribu per bulan bagi penghuni rusun dinilainya setara dengan mengeluarkan uang Rp 5 ribu sehari. Ahok bahkan curiga, orang-orang yang dimaksud Komnas HAM itu memang menyengaja tak membayar retribusi dan akhirnya benar-benar ditegasi dengan pengusiran.

“Kalau cuma Rp 5 ribu sehari keterlaluan enggak dia enggak bisa bayar? Dia ngerokok enggak? Dia memang sengaja. Sama kayak Jatinegara, ada sekolompok orang oknum-oknum RT/RW-nya itu, sekelompok orang memang tidak mau bayar. Dia sengaja, dia pikir: ‘Lu enggak berani ngusir gua. Kalau ngusir gua, gua akan beritain” ujar Ahok.

Sebagaimana diberitakan, Pemantau dan Penyelidikan Peristiwa Penggusuran Kalijodo dari Komnas HAM melaporkan ada permasalahan yang timbul akibat penggusuran Kalijodo. Permasalahan itu di antaranya ada 6.027 KK yg terkena penggusuran Kalijodo, hanya 200 KK yang sudah tertampung di Rusun Marunda.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ahok-sindir-anies-baswedan-soal-kip

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...