Home / Berita / Regional / Soal Kantong Plastik Bayar, Ridwan Kamil Bilang : Masyarakat Yang Keren Itu Bawa Kantong Belanja Sendiri

Soal Kantong Plastik Bayar, Ridwan Kamil Bilang : Masyarakat Yang Keren Itu Bawa Kantong Belanja Sendiri

ridwan kamil

 

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan akan gencar melakukan edukasi pada masyarakat dalam tiga bulan masa ujicoba pemberlakuan kantong plastik berbayar.

“Kita sambut baik program nasional ini. Bandung satu-satunya kota yang memiliki perda pengurangan kantong plastik. (setelah deklarasi hari ini) kita akan tegakkan aturan,” katanya ketika deklarasi bersama pemberlakuan kantong plastik berbayar secara nasional di Superindo, Jalan Ir H Juanda, Minggu (21/2).

Ditambahkan oleh Ridwan, kunci keberhasilan program ini adalah edukasi.

“Saya akan banyak mengimbau program-program (pengurangan kantong plastik). Masyarakat yang keren itu justru tidak membeli kantong plastik, yang keren itu bawa kantong belanja sendiri,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap lambat laun program ini menjadi budaya masyarakat Bandung.

“Jadi warga Bandung kaya dulu lagi, yang belanja selalu bawa kantong belanja sendiri,” paparnya.

Program ini sendiri akan dievaluasi tiga bulan ke depan atau sampai Juni.

“Kita akan review nanti,” terang Ridwan.

Ditambahkan pula olehnya, dengan pengurangan kantong plastik, banyak hal yang bisa dihemat, salah satunya dana produksi kantong plastik.

“Kita sudah hitung, satu brand supermarket biaya produksi untuk kantong plastik Rp 100 miliar. Kalau ada tiga brand, bisa Rp 300 hingga 400 miliar. Kalau dananya buat masyarakat kan lebih bermanfaat,” ungkapnya.

 

 

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...