Home / Berita / Soal Kerusuhan di Tanjungbalai, Cukup Mengagetkan Karena Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Soal Kerusuhan di Tanjungbalai, Cukup Mengagetkan Karena Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

rusuh_tanjung_balai77

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Mahfuz Sidik mengingatkan kalau Indonesia jangan terperangkap konflik bernuansa suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) yang cenderung meningkat di berbagai kawasan di dunia.

“Konflik suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) terjadi lagi di Indonesia, tepatnya di Tanjungbalai, Sumatra Utara,” demikian katanya dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu (30/7) seperti dikutip dari Antara.

Mahfuz mengemukakan, pemerintah harus segera lakukan dua hal, yakni menegakkan hukum terhadap semua pihak yang terlibat dan bertanggung jawab atas kasus tersebut, dan melakukan langkah pencegahan meluasnya konflik tersbut ke daerah lain.

Peristiwa Tanjung Balai, kata Mahfuz, adalah suatu yang mengagetkan karena rasanya belum pernah terjadi sebelumnya.

“Apa yang mendorong warga tersebut melakukan protes yang memicu kemarahan? Dan, kenapa reaksi balik dari ribuan warga lainnya begitu dahsyat? Kasus ini berpotensi menjadi apa bagi republik?,” jelasnya.
Menurutnya, kasus Tanjungbalai adalah peluit peringatan yang sangat keras buat bangsa ini dan semua jajaran pemerintahan di pusat dan daerah.
 

 

Baca Juga

Nasib Industri Buku Anak Masa Kini

Jakarta – Perkembangan industri buku anak terus menerus mengalami peningkatan. Di Tanah Air, buku anak ...