Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Soal Penggusuran Luar Batang, Berikut Tanggapan Komnas HAM

Soal Penggusuran Luar Batang, Berikut Tanggapan Komnas HAM

manusia perahu luar batang66

Komisioner Komnas HAM, Hafidz Abbas mengakui sudah tiga kali memantau lokasi penggusuran di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta. Disamping itu perwakilan warga juga sempat mendatangi Komnas HAM.

Menurut Hafidz, pemaksaan penggusuran Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melanggar HAM. Di mana Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta telah mencabut hak-hak warga untuk bekerja dan mendapatkan pendidikan.

“Kita lihat di kasus luar batang ini, dilihat UU 39 hak tempat tinggal, hak bermata pencarian, hak memperoleh pendidikan, itu semua dilanggar, karena anak-anak kasihan. Bayangkan ujian tiba-tiba digusur begitu, jadi sejumlah pelanggaran HAM yang terjadi di sana kalau dilihat parameter UU 39, kami di Komnas HAM sangat prihatin semoga tidak terulang lagi,” papar Hafidz di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/4).

Ditambahkan oleh Hafidz, warga tak diberikan infrastruktur yang sesuai kebutuhannya. Tetapi dibiarkan secara tak manusiawi terdampar di atas perahu.

“Kasihan mereka, seakan-akan orang miskin enggak punya tempat di Jakarta,” imbuhnya.

Disamping itu, kata Hafidz bahwa tak ada persiapan dari Ahok untuk memberikan perangkat alih profesi bagi warga. Hal ini sama saja mencabut kehidupan warga secara perlahan. Seharusnya diberikan bekal keterampilan yang memadai agar warga bisa adaptasi dengan prosesi yang memungkinkan setelah digusur.

“Mereka kan kehidupannya sehari-hari di pasar ikan, jual ikan, jadi kalau tergusur di situ, itu kan sama aja menggusur akar kehidupannya,” ungkapnya.

Hafidz mengungkapkan bahwa saat ini Komnas HAM berupaya mencari waktu agar bisa mengundang perwakilan DPRD DKI Jakarta dengan Ahok. Hal itu agar bisa saling menjaga hak warga ketika pembangunan dilakukan.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...