Home / Headline / Soal Pernyataan Presiden Jokowi Tentang Reshuffle, PDIP Nilai itu Hanya Respon Spontanitas

Soal Pernyataan Presiden Jokowi Tentang Reshuffle, PDIP Nilai itu Hanya Respon Spontanitas

283.Jokowi Joko Widodo

 

Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah menilai kalau pernyataan Presiden Jokowi soal reshuffle hanyalah respon spontan yang penuh candaan. Hal itu terkait sambutan Jokowi di Haul mantan Ketua MPR Taufiq Kiemas.

“Itu kan pernyataan spontanitas menjawab candaan ceramahnya ketua umum PBNU,” ungkap Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6).

Ketua fraksi MPR ini menuturkan, sebelumnya Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj mengatakan di antara menteri kabinet Jokowi, belum ada orang NU. Lalu kemudian presiden secara spontanitas menjawab candaan itu.

“Sebelum beliau memberi sambutan ternyata sudah menghitung-hitung ternyata ada 6 orang NU yang sudah menjadi menteri. Jadi NU ada di dalam. Terucaplah kalimat, saya (Jokowi) jadi ingat reshuffle,” paparnya.

Anggota komisi III DPR ini tak mempermasalahkan jika masing-masing orang menafsirkan ungkapan Jokowi itu sebagai momen jelang reshuffle kabinet jilid II. Tetapi dirinya mengingatkan bahwa reshuffle adalah hak prerogatif Jokowi.

“Tapi sekali lagi untuk menyangkut pelaksanaan reshuffle kabinet, menurut Undang-Undang Kementerian negara bahwa keputusan mengenai kapan, siapa, mengapa, siapa diganti siapa itu hak prerogatif presiden. Hak subjektif presiden,” jelasnya.

 

 

Baca Juga

Petugas Kesulitan Tembus Lokasi Kebakaran Lahan di Gunung Salasih

Bandung – Kebakaran lahan ilalang terjadi di Gunung Salasih Blok 49, Desa Karangtunggal, Kecamatan Paseh, ...