Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Soal UN 2015 Jurusan IPA Diduga Bocor di Internet, Soal UN Bahasa Indonesia & Kimia Sama Persis

Soal UN 2015 Jurusan IPA Diduga Bocor di Internet, Soal UN Bahasa Indonesia & Kimia Sama Persis

Soal Ujian Nasional 2015

Soal UN Jurusan IPA Diduga Bocor di Internet, Soal UN Bahasa Indonesia & Kimia Sama Persis. Berita mengenai UN 2015 berikut ini mungkin dapat sejenak mengerutkan dahi Anda. Pasalnya dari beberapa informasi, soal jurusan IPA diduga bocor di internet.

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menemukan kebocoran di internet untuk soal ujian nasional (UN) jurusan IPA. Soal tersebut disebar melalui aplikasi Google Drive dengan bentuk PDF. Sekretaris Jenderal FSGI, Retno Listyarti mempertanyakan mengapa hal itu masih terjadi. Padahal kini UN bukan lagi penentu kelulusan siswa.

Ini seharusnya bisa jadi pelajaran kita bersama. Dengan sistem baru (UN bukan lagi penentu kelulusan), seharusnya tidak ada lagi yang seperti ini” ungkap Retno, Selasa (14/4/2015).

Retno memaparkan kebocoran soal UN awalnya diketahui dari laporan seorang guru dan beberapa siswa ke posko pengaduan FSGI. Laporan itu juga menyertai tautan internet. Selanjutnya FSGI menelusuri tautan tersebut.

Laporan itu dibuat kemarin dan hari ini. Untuk kemarin, soal Bahasa Indonesia dan Kimia sama persis. Itu diakui oleh siswa yang mengerjakan soal-soalnya” tambahnya seperti yang dilansir Kompas.

Seperti diketahui pelapor kebocoran soal UN awalnya mengunduh sebuah dokumen melalui Google Drive. Di dalamnya terdapat lima tipe untuk tiap-tiap pelajaran sehingga secara total ada 30 soal dalam bentuk PDF. Di soal tersebut terdapat kop “Naskah Soal UN 2015” lengkap dengan tanggalnya yang merupakan tanggal pelaksanaan UN hari pertama, yakni 13 April 2015.

Esok paginya ketika guru tersebut menjadi pengawas UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Biologi, ia sempat melihat soal UN dan mendapati bahwa soal tersebut sama persis dengan kelima tipe soal yang ditemuinya di internet.

Retno mengatakan jajarannya akan terus memantau soal-soal yang bocor di internet itu sampai hari terakhir pelaksanaan UN. Hal itu untuk memastikan apakah soal UN benar-benar bocor sepenuhnya atau tidak. “Kami akan terus pantau” pungkasnya.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...