Home / Berita / Nasional / Soeharto diberi Gelar Pahlawan Nasional, Menko Polhukam : Apa sih Masalahnya? Dia Punya Kontribusi Besar Bagi Bangsa

Soeharto diberi Gelar Pahlawan Nasional, Menko Polhukam : Apa sih Masalahnya? Dia Punya Kontribusi Besar Bagi Bangsa

soeharto3334

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan Presiden ke-2 RI, Soeharto layak diberi gelar Pahlawan Nasional. Luhut menilai kalau Soeharto sudah memiliki kriteria untuk menjadi Pahlawan Nasional karena jasanya melakukan pembangunan yang masif di tanah air sehingga mentransformasi Indonesia menjadi sebuah negara yang modern.

“Kita mesti lihat utuh ya, Pak Harto sudah mentransformasi negara Indonesia dari negara miskin jadi negara modern. Itu enggak boleh dipungkiri, itu punya jasa juga. Saya kira kalau diberikan gelar Pahlawan tidak masalah. Apa sih masalahnya?” ujar Luhut dalam acara Coffee Morning dengan media di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (20/5).

Walau demikian, Luhut mengakui memang Soeharto memiliki banyak ‘dosa’ yang tak dapat dipungkiri. Maka dari itu, hal yang wajar apabila banyak penolakan yang datang agar Presiden Indonesia yang menjabat selama 32 tahun itu tak layak diberikan gelar Pahlawan Nasional.

Tetapi, Luhut menuturkan kalau saat Soeharto dijatuhkan dari tahtanya pada Mei 1998, hal itu sudahlah cukup untuk menghakiminya.

“Kalau ada yang kurang saya kira bagaimana ya kan beliau sudah diturunkan, itu sebagai masa lalu yang tidak enak bagi beliau. Walaupun beliau sudah pergi tapi kita jadi bangsa besar lah, kita harus melihat bahwa dia punya kontribusi besar buat bangsa Indonesia,” jelasnya.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...