Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ssstt… Ternyata ada Capim KPK Punya Rekening Gendut Mencurigakan

Ssstt… Ternyata ada Capim KPK Punya Rekening Gendut Mencurigakan

Panitia seleksi KPK
Panitia seleksi KPK

Meski proses seleksi calon pimpinan KPK yang sedang berlangsung  disebut-sebut sangat ketat, ternyata masih ada kebobolan di sana sini. Salah seorang dari 19 Capim yang lolos seleksi tahap tiga, ternyata memiliki transfer rekening  mencurigakan alias rekening gendut.  Laporan ini mencuat menyusul adanya temuan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Laporan ini tentu saja memunculkan protes dari berbagai kalangan kepada panitia seleksi. Mereka mempertanyakan sikap Pansel KPK yang seakan memberi ruang bagi calon pimpinan bermasalah menjadi komisioner KPK.

“Memang, kita bicara asas praduga tak bersalah. Tapi, dalam konteks pemilihan pimpinan KPK kita ini sedang mencari orang yang tidak bisa disandera, minim kesalahan,” kata Ganjar Laksmana, ahli hukum pidana Universitas Indonesia. Hal ini disampaikan  Ganjar saat diskusi bertajuk ‘Menyandera (Seleksi) Pimpinan KPK’ di Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Ganjar mengaku, sulit saat ini mencari calon pimpinan yang tidak memiliki dosa di masa lalu. Namun setidaknya, Pansel KPK dapat meminimalkan dengan memilah calon pimpinan KPK yang tidak memiliki ‘dosa’ secara hukum.

“Kalau dosa kepada Tuhan, kepada ibu masih bisa dimaafkan. Nah, dosa di masa lalu yang berkaitan dengan hukum bagaimana?” ujarnya.

Pansel, kata dia, harus melihat kasus kriminalisasi terhadap pimpinan KPK yang terjadi selama ini. Untuk itu, Pansel harus mencari calon pimpinan KPK yang minim kesalahan, bukan sebaliknya justru membuka celah baru.

Ia menambahkan, untuk menghindari upaya kriminalisasi, perlu dibuat kesepakatan antar instansi penegak hukum untuk tidak mengusut kasus hukum yang dilakukan pimpinan KPK sebelum ia terpilih. Kecuali, kasus yang diusut itu adalah kasus yang terjadi ketika pimpinan itu menjabat.

Kalau dosa yang dilakukan saat menjabat, itu namanya penyalahgunaan wewenang. Kalau itu baru bisa diusut,” ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Pansel KPK Betty Alisjahbana mengaku, ada calon pimpinan KPK yang memiliki transaksi mencurigakan di dalam rekening mereka. Meski demikian, Pansel tetap meloloskan calon tersebut guna memverifikasi laporan yang diperoleh Pansel sebelumnya.

“Kita memang punya laporan yang kurang baik tapi tidak cukup waktu untuk memverifikasinya. Sehingga, masih kita loloskan. Nanti akan diverifikasi saat tes berikutnya,” kata Betty di Kantor Sekretariat Negara, Rabu (12/8/2015).

Tidak ada informasi yang jelas  siapa sosok capim yang dicugai itu. Namun kecuigaan mengarah kepada kandidat yang berasal dari lembaga negara.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...