Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Status Gatot Ditentukan Hasil Pemeriksaan Istrinya yang Berperan Sebagai Penghubung

Status Gatot Ditentukan Hasil Pemeriksaan Istrinya yang Berperan Sebagai Penghubung

Komisioner KPK
Komisioner KPK

Jakarta – Setelah diperiksa selama hampir 12 jam Rabu 22 Juli, status Gubernur Sumut gatot Pujo Nugroho dalam kasus suap  hakim PTUN Medan masih dinyatakan sebagai saksi. Namun status itu bisa saja berubah, sebab KPK masih menungg  seorang saksi utama lagi dalam kasus ini. Dia adalah Evy Susanti, istri kedua Gatot yang saat ini dikabarkan sedang melaksanakan Umrah.

Evy, sebagaimana diakui pengacara Gatot, Razman Arif nasution, banyak berperan sebagai penghubung antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan OC Kaligis sebagai pengacara. Bahkan Evy pula yang menyerahkan uang operasional dan fee pengacara untuk OC Kaligis.

“Pak Gatot tidak banyak tahu soal komunikasi dengan pengacara,” kata Razman.

Evy mengenal baik OC Kaligis sebelum ia menikah dengan Gatot. Evy, menurut Razman, berprofesi sebagai pengusaha yang banyak bergaul dengan orang-orang penting, termasuk kalangan pengacara.

Dalam kasus yang ditangani OC Kaligis ini, Evi berperan membantu memfasilitas Pak OC Kaligis,  misalnya menyediakan tiket untuk  berangkat ke Medan guna mengikuti sidang . Semua itu dilakukan Ibu Evy untuk membantu agar tugas suaminya sebagai Gubernur Sumut berjalan lancar, “ ungkap Razman. Termasuk  lawyer fee, semuanya diserahkan oleh Evy.

“Duit untuk pengacara juga dari Ibu Evy. “ ujar Razman.

Razman malah menegaskan kalau penunjukan  OC Kaligis sebagai kuasa hukum dalam persidangan di PTUN itu tanpa sepengetahuan Gatot. Penunjukan tersebut merupakan inisiatif Ahmad Fuad Lubis, kepala Biro Keuangan Sumut selaku penggugat. Namun ia mengakui, selama ini sudah ada kerjasama antara Pemprovsu dengan firma hukum OC Kaligis dalam  memberikan penyuluhan hukum di wilayah Sumut.

“Yang itukan sah-sah saja,” ujar Razman.

Karena tidak banyak tahu mengenai hubungan dengan pengacara, Gatot tidak banyak memberikan informasi akurat saat pemeriksaan di Gedung KPK Rabu kemarin.  Sikap Gatot itu membuat Razman yakin kalau kliennya tidak terlibat dalam kasus suap hakim PTUN Medan.

“Sampai hari ini pak Gatot masih sebagai saksi,” tegas Razman.

Namun tidak demikian halnya dengan KPK.  Lembaga ini menilai status Gatot akan sangat bergantung hasil pemeriksaan saksi lainnya, terutama Evy Susanti.

“Kita masih menunggu Beliau kembali dari Umrah. Dia pasti akan kami periksa karena menjadi saksi penting dalam kasus ini,” kata  Plt Pimpinan KPK, Indriyanto Seno Adji, Kamis 23 Juli di Jakarta. Pemeriksaan Evy akan difokuskan pada perannya sebagai penghubung Pemprovsu dengan OC Kaligis, dan juga terkait sumber dana untuk operasional pengacara.

KPK juga akan menanyakan uang 15 ribu dolar AS dan 5.000 dolar Singapura yang akan diberikan kepada majalis hakim. KPK yakin, sangat sulit diterima akal kalau uang itu murni dari pengacara dan juga dari  kantong Evy pribadi. “Masalah asal muasal uang juga akan kita usut,” ujar Seno Adji. Sumber uang itu masih misteri sampai saat ini.

KPK mengaku kalaiu mereka sebenarnya telah memiliki informasi awal mengenai masalah itu. Lembaga itu hanya tinggal meminta keterangan beberapa pihak untuk kemudian dikembangkan dengan menjerat pihak lain yang terlibat. Pernyataan ini menunjukkan kalau status Gatot sebagai saksi masih belum  final.

“Informasi yang kami kumpullkan tentang kasus ini bukan baru kemarin. Sudah dua bulan sebelumnya sudah ikuti gerakan-gerakan  para tersangka dan saksi,” jelas Plt Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki. KPK yakin, tipis kemungkinan Gatot tidak mengetahui soal suap hakim PTUN Medan ini.  ***

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...

One comment

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    tiap Video Aneh bikin status rasa nya pengen komen terus.. terus.. & terus dech ..aaaahhhhh…