Home / Bola / Status Timnas Indonesia Bukan Unggulan di Piala AFF 2016, Berikut ini tanggapan dari PSSI

Status Timnas Indonesia Bukan Unggulan di Piala AFF 2016, Berikut ini tanggapan dari PSSI

timnas-indonesia-

Posisi Indonesia di pot keempat dalam pengundian Piala AFF 2016 mengisyaratkan kalau Tim Garuda dianggap bukan unggulan pada turnamen sepak bola di kawasan Asia Tenggara itu. Seperti diketahui, Indonesia berada dalam pot sama dengan tim pemenang dari babak kualifikasi, yang dijalani Laos, Kamboja, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Terkait hal itu, PSSI angkat bicara. Menurut Sekjen PSSI, Azwan Karim, hal ini sebenarnya sedikit banyak sudah diprediksi.

“Jangan (merasa) aneh. Kan kita sudah lama tidak bermain di pentas internasional, jadi wajar  bila kenyataannya seperti itu,” ujar Azwan, Jumat (15/7) di Jakarta seperti dilansir sebuah media online.

Apalagi, pencapaian Indonesia pada Piala AFF 2014 lalu terbilang minor sebab gagal lolos dari fase penyisihan Grup A. Hal tersebut juga memengaruhi keberadaan Timnas Indonesia dalam pengundian grup edisi tahun ini.

Azwan pun kemudian menyinggung soal ranking FIFA Indonesia yang berada di peringkat ke-191 dari 209 negara. Ranking terbaru yang dirilis FIFA per 14 Juli 2016 itu jadi yang terburuk sepanjang sejarah Indonesia sejak masuk jadi anggota FIFA pada 1952 di Kongres FIFA ke-28 di Helsinki, Finlandia, dan sejak sistem ranking digunakan FIFA pada 1993.

“Semua itu harus dijadikan cambuk, bukan sebaliknya. Kita harus bangkit dan berprestasi lagi,” jelasnya.

Karena berada di pot keempat dalam pengundian pembagian grup yang dilakukan pada 2 Agustus 2016 di Yangon, Myanmar, Indonesia dipastikan akan satu grup dengan salah satu di antara Thailand atau Malaysia, yang jadi unggulan pada Piala AFF 2016 kali ini berkat prestasi mereka pada Piala AFF dua tahun lalu.

Timnas Indonesia juga masih harus bersiap menghadapi peserta lain, seperti Singapura, Myanmar, Vietnam, dan Filipina, yang terbagi dalam pot satu dan tiga. Rata-rata dari mereka mengalami perkembangan positif ketika Indonesia vakum akibat sanksi pembekuan FIFA.

 

 

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...