Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Suap ABK, UNHCR Kecam Tindakan Australia Dan Pemerintah Indonesia Ambil Tindakan Tegas

Suap ABK, UNHCR Kecam Tindakan Australia Dan Pemerintah Indonesia Ambil Tindakan Tegas

Beberapa waktu yang lalu Pemerintah Indonesia mendapatkan laporan tentang pengakuan para penyelundup manusia, yakni kapten dan para awak kapal pembawa puluhan pencari suaka asal Bangladesh, Sri Lanka dan Myanmar dan saat diinterogasi polisi Rote, Indonesia, mereka mengaku menerima suap itu.

Badan PBB untuk masalah pengungsi UNHCR juga mengecam tindakan Australia yang melakukan penyuapan terhadap kapten dan anak buah kapal (ABK), yang membawa imigran. “UNHCR menolak sikap Australia yang melakukan praktik penyuapan terhadap imigran,” ujar Kepala Perwakilan UNHCR untuk Indonesia, Thomas Vargas, ketika ditemui wartawan di Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Pemerintah perlu mengambil tindakan tegas terhadap Australia yang menghalalkan segala cara dalam menghalau kapal pencari suaka masuk ke Indonesia.
Pertama, demi kepastian Menlu Retno Marsudi perlu memberi batas waktu Dubes Australia menyampaikan penjelasan. Jangan sampai Australia mempermainkan Indonesia dengan mengulur-ulur waktu dan kemudian melupakannya.

Kedua, kepolisian harus tetap melanjutkan proses hukum terhadap para nakhoda dan awak yang diduga melakukan penyelundupan manusia.

Di saat bersamaan kepolisian harus terus mendalami pengakuan nakhoda terkait dengan pemberian uang dan kesaksian para pencari suaka. Uang pemberian ke nakhoda dan awak kapal harus disita dan disimpan untuk dijadikan barang bukti bila kelak diperlukan.

Ketiga, bila berdasarkan berbagai barang bukti dan penjelasan dari pemerintah Australia terdapat bukti-bukti kuat adanya pemberian uang oleh aparat intelijen Australia maka Indonesia perlu mendesak agar Australia melakukan proses hukum terhadap oknum yang melakukan tindakan koruptif tersebut.

Terakhir, bila berbagai upaya yang dilakukan oleh Indonesia ditanggapi secara dingin oleh Australia maka Indonesia perlu membawa permasalahan ini ke tingkat internasional.

Di Dewan HAM PBB, Indonesia dapat menyampaikan praktek pelanggaran HAM para pencari suaka yang dilakukan dengan perilaku koruptif yang dilakukan oleh Pemerintah Australia.

Dengan adanya kasus ini, hubungan RI-Australia menjadi memanas kembali setalah pasca hukuman mati gembong narkoba yang melibatkan warga negera Australia .

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...