Home / Berita / Nasional / Suatu Tradisi Baru, Presiden Jokowi Undang Rakyat ke Upacara di Istana Merdeka

Suatu Tradisi Baru, Presiden Jokowi Undang Rakyat ke Upacara di Istana Merdeka

upcara bendera

Dalam melakukan upacara peringatan kemerdekaan RI ke-70 yang diadakan di Istana Merdeka, ada suatu tradisi baru. Presiden Jokowi mengundang rakyat turut hadir dan masuk ke Istana dalam upacara bendera.

Apa yang dilakukan Jokowi ternyata mendapat respon positif dari Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok).

Menurut Ahok ini sebagai terobosan yang dilakukan Presiden Joko Widodo.

“Itu yang luar biasa, kelebihan beliau bisa ingat, karena memang hatinya dia dari bawah. Bisa dibayangkan, rasanya hampir semua rakyat biasa itu pengen banget bisa ikut masuk dalam istana dan ikut upacara,” ujar Ahok.

Kan, sambung Ahok, selama ini cuma bisa nonton, makanya luar biasanya Pak Jokowi bisa kepikir hatinya dia seolah-olah dia jadi rakyat itu seperti apa, tentu pengen masuk ke dalam merasakan diundang resmi bawa undangan sampai penurunan ini kan sesuatu kebanggaan.

Menurutnya, momen seperti itu pasti sangat diinginkan oleh para masyarakat. Ahok melihat peringatan 70 tahun kemerdekaan di Istana Merdeka bisa benar-benar menjadi pesta rakyat.

“Ini kan yang diundang hampir 70 persen masyarakat biasa. Kalau dulu kan gak ada. Mana ada sih masyarakat biasa yang diundang. Bahkan kalau dilihat kan kode etik sipilnya harus pakaian lengkap jas, tapi tadi sampai penjaga juga dibiarkan saja mereka yang masuk pakai batik, karena ini kan pesta rakyat,” ungkap Ahok.

Dalam 17-an tahun ini, Jokowi mengundang masyarakat dari berbagai kampung di Jakarta Pusat untuk langsung menyaksikan upacara itu. Mereka berasal dari:
Kampung Pasar Baru, Kampung Gambir.  Kampung Tanah Abang, Rusun Muarabaru, Rusun Marunda, Kampung deret Tanah Tinggi, Kampung deret Petogogan, Kampung deret Benhil, Paguyuban pedagang Blok G Tanah Abang, Paguyuban PKL, Paguyuban pedagang pasar.

Moment ini adalah pertama kali rakyat dari berbagai kampung mendapat undangan dari Istana untuk menyaksikan langsung upacara kenegaraan.  Di tahun-tahun mendatang, mungkin rakyat dari kampung-kampung lain di seluruh Indonesia juga akan yang akan diundang.

“Upacara 17-an ini saya undang warga di sekitar Istana. Lain kali warga dari pelosok Tanah Air -Jkw,” demikian kicau Jokowi lewat akun twitternya.

 

 

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...