Home / Berita / Nasional / Sudah Tetapkan Awal Ramadhan, Muhammadiyah Tidak Hadiri Sidang Isbat

Sudah Tetapkan Awal Ramadhan, Muhammadiyah Tidak Hadiri Sidang Isbat

suasana sidang isbat  (liputan.com)
suasana sidang isbat (liputan.com)

Aktual Post – Bertepatan di hari Senin 8 juli 2013, sore tadi kementerian agaman indonesia menyelenggarakan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1434 H. Pada sidang yang berlangsung beberapa jam tersebut, nampak banyak sekali organisasi masyarakat (Ormas) islam yang menghadiri sidang ibat tersebut.

PBNU, Persatuan Islam (Persis), Dewan Masjid Indonesia, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Ahli Hisab Rukyat Jakarta, Pondok Pesantren Darunnajah, dan Pondok Pesantren As Shiddiqiyah, PITI, Al Irsyad, PUI dan Syarikat Islam adalah lembaga ataupun Ormas yang turut menghadiri sidang isbat 2013 ini.

Hanya saja, tidak nampak satu pun perwakilan PP Muhammadiyah dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) pada sidang tersebut. Ketidak hadiran dari lembaga Muhammadiyah memang sudah diperhitungkan sebelumnya, pasalnya mereka telah lebih dulu menentukan awal Ramadhan 1434 H yang dijatuhkan pada hari selasa 9 Juli 2013.

Memang terkesan percuma juga bila Muhammadiyah menghadiri sidang isbat tadi sore tersebut, pasalnya mereka memiliki cara penghitungan yang berbeda dengan yang dilakukan oleh kementeria agama. Jadi sudah pasti akan menimbulakan hal yangtidak baik selama persidangan, dan mungkin itu menjadi salah satu alasan mengapa Muhammadiyah tidak menhadiri sidang tersebut.

Dengan adanaya dua penetapan awal ramadhan yang berbeda tersebut, banyak masyarakat indonesia yang masih kebingungan memilih untuk mengikuti awal ramadhan yang mana. Namun disisi lain, Muhammadiyah tidak mengharuskan masyarakat mengikuti awal bulan ramadhan yang mereka tetapkan. Dan ketua pusat Muhammadiyah juga secara langsung meminta kepada masyarakat agar bisa memaklumi adanya perbedaan awal bulan Ramadhan 1434 H ini.

Muhammadiyah juga menyarankan kepada masyarakat, agar masyrakat memulai bulan suci ramdhan dengan keyakinannya sendiri. Jadi mau ikut ketetapan pemerintah tidak masalah, dan ikut ketetapan awal Ramdhan Muhammadiyah juga tidak menjadi masalah.

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...