Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Sukmawati Beri Klarifikasi Kelahiran Soekarno

Sukmawati Beri Klarifikasi Kelahiran Soekarno

soekarno

Perdebatan seputar tempat kelahiran Presiden I Republik Indonesia, Soekarno ramai diperbincangkan. Hal ini muncul setelah Presiden Jokowi dalam peringatan kelahiran Pancasila menyebutkan bahwa Bung Karno lahir di Blitar, sementara ada literatur yang menyebut Surabaya.

Pernyataan Jokowi kalau Soekarno lahir di Blitar, menuai kontroversial. Banyak yang berpendapat kalau Soekarno lahir di Surabaya. Dan benar saja, ternyata apa yang disampaikan oleh Jokowi satu kekeliruan. Hal ini diakui langsung oleh salah seorang anggota Tim Komunikasi Presiden, Sukardi Rinakit.

Lalu, sebenarnya dimanakah Soekarno lahir?

Putri Presiden RI pertama Sukarno, Sukmawati Soekarnoputri akhirnya mengeluarkan pernyataan bahwa ayahnya lahir di Surabaya. Ia menepis jika ada literatur atau sumber yang menyebut Sang Proklamator lahir di Blitar.

Beliau, lanjutnya, lahir di Surabaya. Jelas, itu jelas. Bukan lahir di Blitar, salah itu.

Diceritakan olehnya, Soekarno lahir saat kakeknya Raden Soekemi Sosrodihardjo yang berprofesi sebagai guru mengajar di Surabaya. Hingga beberapa tahun sebelum pindah, ayahnya sejak lahir menurut dia tinggal di Kota Pahlawan.

“Ayahnya bapak mengajar di Surabaya sampai beberapa tahun. Bapak jadinya tinggal di Surabaya sampai beberapa tahun itu,” ujarnya.

Setelah Surabaya, kakeknya kemudian mendapat pekerjaan mengajar di daerah Jawa Timur lain seperti Blitar. Tawaran ini diterima Soekemi.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...