Home / Berita / Sungguh Miris…Venezuela dilanda Krisis Ekonomi, Bayangkan Saja uang Rp 26 juta Cuma bisa Beli susu dan tepung

Sungguh Miris…Venezuela dilanda Krisis Ekonomi, Bayangkan Saja uang Rp 26 juta Cuma bisa Beli susu dan tepung

-venezuela-bondong-bondong-beli-makanan

Negara Venezuela tengah dilanda krisis ekonomi. Adalah Tepung, susu dan pasta merupakan tiga makanan utama bagi masyarakatnya. Sudah begitu harga bahan pokok ini melambung tinggi.

Hal itu rupanya menjadi permainan para penjual bahan pokok melihat langkanya barang-barang itu. Berdasarkan laporan CNN, Rabu (3/8), harga kebutuhan pokok itu melambung sangat tinggi dan jauh dari harga biasanya.

Maka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari itu, warga Venezuela membelinya di pasar gelap, tetapi harganya menghabiskan gaji sebulan. Harga untuk susu bubuk saja dijual bisa mencapai lebih dari 100 kali harga normal.

“Jika saya membeli di bachaqueros (pasar gelap), seluruh gaji saya bisa habis untuk tiga kilo beras,” kata Monica Savaleta yang berprofesi sebagai penari.

Seperti diketahui kalau warga Venezuela rata-rata memperoleh pendapat sekitar 15 ribu hingga 20 ribu bolivares (setara Rp 26,3 juta). Dengan gaji itu, mereka membeli tepung dan pasta seharga 3 ribu bolivares (Rp 3,9 juta) per kilogram, serta susu seharga 7 ribu bolivares (setara Rp 9,2 juta) per liternya.

“Saya datang untuk membeli tepung, beras dan gula namun saya tidak menemukan satu pun di sini. Yang saya temukan hanya sabun dan saya tidak bisa makan sabun,” demikian salah satu warga.

Bagi mereka yang tidak punya uang lebih hanya bisa bertukar makanan dengan tetangganya, seperti yang dirasakan Wilmer Gomez.

“Saya hanya bekerja sebagai pembersih, saya berdiri untuk bertukar makanan dengan barang yang saya punya. Namun, saya tidak mendapatkan apapun,” imbuhnya.

 

 

 

Baca Juga

Vicky Shu Akhiri Masa Lajang Hari Ini di Candi Borobudur

Jakarta – Penyanyi Vicky Shu akhirnya menikah pada hari ini, Sabtu (22/9) dengan Ade Imran. ...