Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Supplemen Yang Perlu Dikonsumsi Setelah Donor Darah

Supplemen Yang Perlu Dikonsumsi Setelah Donor Darah

Donor Darah

Jika Anda tidak berhati-hati, sering menyumbangkan darah bisa membuat Anda kehilangan nutrisi yang penting. Tapi mengkonsumsi suplemen zat besi bisa menolong Anda pulih lebih cepat, tulis penelitian baru dari the National Heart, Lung and Blood Institute.

Dalam penelitian, orang dewasa yang mengkonsumsi 38 mg supleman zat besi setiap hari setelah mendonorkan darah memerlukan waktu 11 minggu untuk tubuh mereka kembali memiliki tingkat zat besi dan hemoglobin yang normal. Hemoglobin sendiri merupakan protein kaya zat besi yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Sedangkan mereka yang tidak makan suplemen? Kebanyakan mereka belum pulih dari tingkat normal di akhir penelitian yang diadakan selama 24 minggu.

Darah tidak bisa diproduksi dengan cara buatan, jadi pendonor diperlukan untuk menyediakan darah untuk transfusi. Tapi menurut Palang Merah Amerika, hanya 10 persen dari orang yang memenuhi kriteria yang bersedia mendonorkan darah.

Saat kita menyumbangkan darah, kita kehilangan sekitar 200 mg zat besi, kata pemimpin penelitian Josep Kiss, M.D. Jadi perlu waktu lama untuk tubuh kita memulihkan diri, jadi mereka yang mendonorkan darah tiga kali atau lebih dalam setahun mengalami kekurangan zat besi. Kondisi ini bisa menyebabkan anemia, kelelahan atau sindrom restless leg.

Karena itulah suplemen zat besi berguna. “Suplemen itu menolong Anda menyerap lebih banyak zat besi dan lebih cepat menggantikan zat besi yang hilang selama donasi darah,” kata Dr. Kiss.

Para pria dalam penelitian ini mengkonsumsi 38 mg zat besi setiap hari, tapi dosis yang lebih rendah yang didapatkan pada suplemen yang dijual bebas di apotik juga bisa berfungsi, katanya. Anda harus mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen bila Anda mendonorkan darah 3 kali atau lebih dalam setahun. Untuk mereka yang mendonorkan darah kurang dari 3 kali setahun, mereka tidak perlu suplemen ini.

Sumber: Men’s Health.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Belanja Baju Muslim

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...