Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Survei Membuktikan, Kepuasan Masyarakat Terhadap Presiden Jokowi Mulai Meningkat

Survei Membuktikan, Kepuasan Masyarakat Terhadap Presiden Jokowi Mulai Meningkat

Jokowi-JK-

Tinggal beberapa hari lagi Pemerintahan Presiden Joko Widodo serta Wakil Presiden Jusuf Kalla genap satu tahun. Bagaimana sesungguhnya tingkat kepuasan rakyat terhadap kinerja pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Hebat (KIH) itu?

Hasil survei bertajuk ‘Apa Kata Rakyat Terhadap Satu Tahun Jokowi-JK’ yang dirilis Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKopi), memang sebagian masyarakat Indonesia tidak puas dengan kinerja Jokowi-JK.

Tetapi tingkat kepuasan terhadap Jokowi-JK meningkat dibanding periode survei sebelumnya.

“54,7 persen masyarakat tidak puas. Sementara yang puas sebesar 44,3 persen,” ujar Juru bicara KedaiKopi Hendri Satrio dalam diskusi ‘Setahun Jokowi-JK, Indonesia Sudah Sampai Mana?’ yang digelar Forum Senator untuk Rakyat di Restoran Dua Nyonya, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (18/10).

Survei dilakukan terhadap 384 responden di seluruh Indonesia yang dilangsungkan pada 14-17 September silam, dimana memiliki margin error sekitar 5 persen. Survei dilakukan memakai wawancara via telepon lewat metode acak.

Dijelaskan oleh Hendri bahwa sebagian besar responden tidak puas karena tiga hal utama. Yaitu terkait harga bahan pokok yang tinggi dengan persentase sebesar 35,5 persen, pelemahan nilai tukar rupiah 23,7 persen, serta lambannya pemerintah dalam menangani kabus asap sebesar 11.8 persen.

“Sisanya, publik merasa tidak puas karena harga BBM yang mahal, susahnya lapangan kerja, kinerja menteri yang tidak bagus, biaya kesehatan yang tidak terjangkau dan lain-lain,” ungkap pakar komunikasi politik Universitas Paramadina itu.

Walau demikian, lanjut Hendri, angka kepuasan masyarakat terjadi peningkatan dibanding dengan hasil survei terhadap 450 responden yang dilakukan KedaiKopi untuk wilayah Jabodetabek pada Mei lalu. Ketika itu, 65 persen responden menyatakan tidak puas selama enam bulan pemerintahan Jokowi-JK.

Dipaparkan oleh Hendri, ada beberapa faktor yang membuat meningkatnya angka kepuasan masyarakat. Yaitu, adanya jaminan dan pelayanan kesehatan gratis sebesar 40,3 persen, pendidikan gratis bagi rakyat miskin 12,5 persen, serta bahan pokok yang terjangkau sebesar 9,7 persen.

“Masyarakat juga merasa puas dengan terhadap kinerja pemerintah karena dipicu tersedianya lapangan pekerjaan, adanya rasa aman, pemerintahan tidak korupsi dan lain-lain,” imbuh Hendri.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...