Home / Bola / Swiss vs Polandia 1-1: White Eagles Menang Adu Penalti 4-5!

Swiss vs Polandia 1-1: White Eagles Menang Adu Penalti 4-5!

Swiss-Polandia1

Hasil Piala Eropa 2016 babak 16 besar antara Swiss vs Polandia berakhir dengan kedudukan 1-1 selama 90 menit dan 120 menit serta diakhiri dengan skor 4-5 di babak adu penalti di Stade Geoffroy Guichard, Saint Etienne, Sabtu 25 Juni. Swiss harus sial kalah dan tersingkir dari turnamen ini meski mereka sebenarnya bermain lebih bagus dari Polandia sepanjang 120 menit.

Polandia sudah membuang satu peluang bagus di menit kedua ketika kesalahan di lini belakang Swiss membuat Yann Sommer mendapatkan tekanan dari Robert Lewandowski. Bola kemudian jatuh tepat di kaki Arkadiusz Milik yang ironisnya tidak bisa memasukkan bola ke dalam gawang yang sudah kosong! Striker dengan kualitas seperti Milik memang sudah seharusnya bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan lebih baik lagi.

Swiss-Polandia2

Meski Swiss sempat memberikan ancaman lewat Blerim Dzemaili, namun harus diakui bahwa Polandia yang bermain lebih garang ketika menekan. Tercatat ada beberapa peluang dari Grzegorz Krychowiak, Milik, atau Kamil Grosicki yang nyaris saja berbuah gol. Sementara Swiss juga tidak mau kalah karena sempat memproduksi satu peluang bagus melalui tandukan Fabian Schar.

Tak berselang lama, Polandia bisa memimpin lewat serangan balik maut yang mereka galang. Keberhasilan Lukasz Fabianski mengamankan bola diteruskan dengan lemparan jauh ke Grosicki yang memang menjadi bintang Polandia di babak pertama ini. Menggiring bola dari daerah sendiri, Grosicki menusuk sampai ke kotak penalti lawan dan memberikan umpan pada Jakub Blaszczykowski yang tak terkawal dan dengan mudahnya memasukkan bola ke dalam gawang Sommer.

Swiss-Polandia4

Memasuki babak kedua, sempat terjadi jual beli serangan ketika secara beruntun Lewandowski, Shaqiri, dan Blaszczykowski melepaskan tembakan namun berhasil dimentahkan dengan sempurna oleh Sommer dan Fabianski. Swiss harus diakui berhasil mendominasi pertandingan ini dan nyaris mencetak gol ketika tendangan bebas Ricardo Rodriguez ditepis Fabianski dan sepakan Haris Seferovic menerpa mistar gawang.

Perjuangan Swiss untuk menyamakan skor akhirnya terwujud di menit 82. Serangan tiada kenal lelah yang mereka lakukan berbuah manis ketika umpan silang Stephan Lichtsteiner berhasil membuat lini belakang Polandia kalang kabut. Tidak ada pemain Swiss memang yang bisa meneruskannya menjadi gol, namun bola jatuh pada Shaqiri yang melepaskan sepakan akrobatik dan sukses menyamakan skor!

Swiss-Polandia3

Swiss masih terus memberikan tekanan di perpanjangan waktu dan membuang dua peluang bagus dari Eren Derdiyok. Sementara di adu penalti, semua penendang berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik kecuali Xhaka yang malah tidak bisa mengarahkan bola ke gawang Polandia sebagai penendang kedua.

Swiss 1-1 Polandia (Shaqiri 82’ / Blaszczykowski 39’)

Swiss: Yann Sommer; Stephan Lichtsteiner, Fabian Schar, Johan Djourou, Ricardo Rodriguez; Valon Behrami (Gelson Fernandes 77’), Granit Xhaka; Blerim Dzemaili (Breel Embolo 59’), Xherdan Shaqiri, Admir Mehmedi (Eren Derdiyok 70’); Haris Seferovic

Polandia: Lukasz Fabianski; Lukasz Piszczek, Kamil Glik, Michal Pazdan, Artur Jedrzejczyk; Krzysztof Maczynski (Tomasz Jodlowiec 101’), Grzegorz Krychowiak, Jakub Blaszczykowski, Kamil Grosicki (Slawomir Peszko 104’); Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski

Penendang adu penalti:

Lichtsteiner (1-0), Lewandowski (1-1), Xhaka (1-1), Milik (1-2), Shaqiri (2-2), Glik (2-3), Schar (3-3), Blaszczykowski (3-4), Rodriguez (4-4), Krychowiak (4-5)

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...