Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Taiwan Akan Punya Presiden Perempuan Pertama Setelah Raih Kemenangan Dalam Pemilu

Taiwan Akan Punya Presiden Perempuan Pertama Setelah Raih Kemenangan Dalam Pemilu

Tsai Ing-wen

 

Tsai Ing-wen yang berasal dari partai oposisi Progresif Demokrat akan menjadi presiden perempuan Taiwan pertama pasca meraih kemenangan dalam pemilihan umum mengalahkan kandidat dari partai berkuasa Kuomintang (KMT), Eric Chu.

Seperti dilaporkan Koran the Daily Mail, hari Minggu (17/1), perhitungan perolehan suara saat ini masih berlangsung tapi siaran televisi hasil hitung cepat memperlihatkan Ing-wen sudah unggul dengan raupan 60 persen suara, sementara Chu baru 30 persen.

Rakyat Taiwan ternyata berubah pikiran dan mendukung Ing-wen yang lebih pro China, ketimbang Eric Chu.

Kesuksesan yang diraih Ing-wen merupakan kemenangan terbesar dalam pemilihan presiden di Taiwan. Rekor sebelumnya diraih oleh presiden saat ini dari Partai Kuomintang Ma Ying-jeou pada 2008 dengan raupan 58,45 persen suara.

Sementara di kantor partai KMT di Taipe, Eric Chu tampak menitikkan air mata duka.

“KTM kalah dalam pemilu. Kami kurang bekerja keras dan mengecewakan harapan para pendukung. Maaf, kami kalah,” ujarnya Chu sambil terbata.

Chu juga mengungkapkan KMT kalah dalam dominasi parlemen. Ini adalah pertama kalinya KMT gagal berkuasa di parlemen Taiwan.

Rakyat Taiwan sendiri semakin mendukung Tsai Ing-wen setelah di bawah kepemimpinan Ma, yang harus mundur karena sudah dua periode, perekonomian Taiwan mengalami stagnan dan perjanjian perdagangan dengan China malah tidak menguntungkan rakyat.

Sementara Partai Progresif Demokrat yang mengusung Tsai lebih cermat dalam menjalin hubungan dengan China. Tsai sudah berulang kali menyatakan kalau dirinya dia ingin menjaga ‘status quo’ dengan China.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...