Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Artikel / Taksi Online Supaya bisa Beroperasi, Berikut ini Aturan yang Harus dipenuhi

Taksi Online Supaya bisa Beroperasi, Berikut ini Aturan yang Harus dipenuhi

taksi online

 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Menjelaskan soal Permenhub 32/2016 yang mengatur taksi online. Dimana ada ukuran minimal mesin mobil, pool dan bengkel.

“Pelayanan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek terdiri dari angkutan taksi, angkutan pariwisata, angkutan kawasan tertentu dan angkutan dengan tujuan tertentu yang memiliki 5 jenis pelayanan yaitu angkutan antar jemput, angkutan permukiman, angkutan karyawan, angkutan carter dan angkutan sewa,” papar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto.

Pudji menuturkan hal tersebut dalam jumpa pers soal sosialisasi tentang Permenhub 32/2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek Hartanto kepada wartawan di Gedung Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (22/4).

Pudji menjelaskan pengertian dari angkutan sewa. Jenis angkutan ini adalah pelayanan angkutan dari pintu ke pintu yang disediakan dengan cara menyewa kendaraan dengan atau tanpa pengemudi, tidak dibatasi oleh wilayah administratif, tidak terjadwal, dan tarif dikenakan sesuai kesepakatan.

“Selain itu penggunaan kendaraan melalui pemesanan, tujuan perjalanan ditentukan oleh penyewa, menggunakan kendaraan minimal 1300 cc. Kendaraan yang digunakan juga harus dilengkapi dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dengan warna dasar hitam tulisan putih yang diberi kode khusus, diberi tanda khusus berupa stiker, dan memiliki dokumen kendaraan sah berupa STNK atas nama perusahaan, Kartu Uji dan Kartu Pengawasan serta nomor pengaduan masyarakat,” papar Pudji.

Sementara untuk menyelenggarakan angkutan umum tidak dalam trayek ini, harus ada sejumlah ketentuan yang dipatuhi. Beberapa persyaratannya antara lain, perusahaan wajib memiliki izin yang dikenakan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan harus berbentuk badan hukum.

“Sementara syarat untuk memperoleh izin adalah minimal memiliki 5 kendaraan, memiliki pool, punya fasilitas perawatan kendaraan yang dibuktikan dengan dokumen kepemilikan atau perjanjian kerjasama dengan pihak lain. Karyawannya harus memiliki SIM umum sesuai golongan kendaraan,” ungkapnya.

Kemudian untuk syarat administrasinya, perusahaan harus memiliki akta pendirian, bukti pengesahan berbagai badan hukum, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), surat pernyataan kesanggupan sebagai pemegang izin dan pernyataan sanggup menyediakan fasilitas pemeliharaan kendaraan.
 

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...