Home / Berita / Nasional / Target Pajak Rp 1.295 Triliun Pesimis akan diraih

Target Pajak Rp 1.295 Triliun Pesimis akan diraih

pajak 3

Salah satu sumber pemasukan negara berasal dari pajak. Makanya negara terus menggenjot perolehannya. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan, penerimaan pajak tahun ini tidak akan bisa mencapai target Rp 1.295 triliun.

“Ada potensi risiko fiskal. Paling jelas, penerimaan perpajakan lebih rendah dari yang ditargetkan. Kami sudah hitung dengan skenario pesimistis. Penerimaan pajak shortfall-nya (kekurangannya) Rp 120 triliun” tutur ungkap Bambang, dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/5).

Ditambahkan olehnya, hingga 22 Mei 2015, realisasi penerimaan pajak penghasilan (PPh) non migas adalah ‎Rp 354,4 triliun atau 27,7% dari target, PPh migas Rp 17,2 triliun, dan PPN Rp 127,2 triliun.

“Saya melihat ada kenaikan yang cukup signifikan setelah bulan Maret sampai sekarang. Sampai akhir Maret‎ itu cuma Rp 198 triliun, dan dari awal April sampai dengan 22 Mei itu sudah bertambah Rp 200 triliun,” ungkapnya.

Sedangkan terkait untuk belanja negara, diprediksi hanya akan terealisasi 92% dari total belanja Kementerian Lembaga (K/L) pada APBN-P 2015, yang mencapai Rp 795,5 triliun. Ini merupakan kondisi alamiah yang terjadi setiap tahun.

“Kalau belanja tahun lalu bisa mencapai 95%, itu memang karena habis di subsidi BBM. Tapi kalau sekarang dengan 92% itu‎ merupakan andil dari belanja barang dan belanja modal,” kata Bambang.

Dengan demikian, defisit anggaran, diprediksi tetap terjaga pada rentang 1,9-2,2% terhadap PDB, atau sama seperti tahun sebelumnya.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...