Home / Berita / Nasional / Tas Bermerk Akan Bebas Pajak

Tas Bermerk Akan Bebas Pajak

Tas-Branded-Michael-Kors-Blaster-Bolbal-2in1-red

Bagi anda yang hobby belanja dan koleksi tas-tas bermerk dengan harga mahal, ada kabar menggembirakan. Pemerintah akan merevisi aturan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Sejumlah barang akan dikeluarkan dari aturan pengenaan PPnBM.

Barang-barang yang akan dihapus dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 130/PMK.011/2013, adalah kelompok barang mewah seperti furnitur, televisi (TV) dan aksesoris seperti tas perempuan.

Menurut Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Sigit Priadi Pramudito,”Ada TV dan tas puluhan juta juga itu sudah biasa. Bukan barang mewah lagi. Jadi habis semua nggak ada PPnBM-nya.”

Aturan ini sendiri, lanjutnya, akan keluar dalam waktu dekat, karena tidak perlu konsultasi ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Diskusi dengan kalangan dunia usaha pun juga sudah dilakukan jauh-jauh hari.

“Sudah disetujui (Menkeu), dan sebentar lagi keluar (revisi PMK),” ujarnya.

Dengan keluarnya kebijakan itu, tentunya akan berpengaruh terhadap penerimaan pajak. Dalam hitungan satu tahun, pajak yang akan berkurang adalah sekitar Rp 800 miliar.

Nggak seberapa, untuk elektronik dan tas mewah, sekitar Rp 800 miliar,” ungkap Sigit.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah pada dasarnya bertujuan ingin merangsang konsumsi masyarakat, salah satunya melalui instrumen pajak ini.

Nantinya, kata Sigit, PPnBM ini diberlakukan untuk seluruh range (kisaran) harga barang, tanpa batasan. Termasuk pula mengenai televisi yang harganya mencapai puluhan juta.

“Ya biarin saja. Sudah biasa itu (TV Rp 20 juta). Sudah enggak mewah lagi,” jelas Sigit.

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...