Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Tata Cara Pembayaran Zakat Fitrah 2016

Tata Cara Pembayaran Zakat Fitrah 2016

Pembayaran zakat fitrah memiliki tata cara dan aturan tersendiri.

Tata Cara Pembayar Zakat Fitrah

Seperti yang diketahui jika dipenghujung bulan ramadhan, umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah. Bagi warga Jakarta, membayar zakat fitrah bisa dilakukan di masjid Iqtiqlal. Pembayarannya bisa dilakukan dengan beras atau secara tunai.

Pembayaran zakat juga bisa dilakukan dengan cara transfer ke Bank Syariah Mandiri dengan nomor 7032412402. Apabila melalui transfer, pembayar zakat jangan lupa untuk datang ke Masjid Istiqlal dengan menyertakan bukti pembayarannya.

Di Masjid Istiqlal sendiri, kebanyakan masyarakat menyumbang langsung dalam bentuk uang tunai. Adapun besaran minimal zakat fitrah yang harus dibayarkan terbagi menjadi dua, yakni Rp 50.000 dan Rp 45.000.

Besaran tersebut didapat dari harga beras kelas pandan wangi dan beras standar. Masyarakat yang sehari-harinya mengkonsumsi beras pandan wangi disarankan untuk membayar zakat fitrah dengan besaran minimal Rp 50.000.

Sementara masyarakat yang mengkonsumsi beras standar boleh membayar dengan besaran Rp 45.000. Dari awal Ramadhan sampai dengan hari ini, jumlah zakat fitrah yang telah diterima panitia pengelola zakat di Masjid Istiqlal telah mencapai sekitar Rp 500 Juta.

Tahun lalu jumlah yang mereka terima mencapai sekitar Rp 800 Juta. Zakat fitrah yang dibagikan ke masyarakat kelak dalam bentuk beras, 4 kilogram per orang. Pembagian beras hasil zakat fitrah akan dilakukan dengan dua cara.

Dua cara itu yang pertama membagi-bagikannya ke seluruh masjid dan mushola di sekitar Masjid Istiqlal, serta memberikannya langsung ke fakir miskin yang datang ke Istiqlal pada hari terakhir Ramadhan.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...